Pemkab Kukar Maksimalkan Potensi Pertanian di Desa Sumber Sari

Sutarno : Selama Ini Memberikan Bantuan Bibit dan Alsinta

0 261
DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) terus mengembangkan pertanian di wilayahnya. Untuk menunjang hal itu, Pemkab Kukar telah melakukan sejumlah dukungan terhadap petani di Kukar.

Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno Kecamatan Loa Kulu mengatakan, selama ini Pemkab Kukar aktif memberikan bantuan bibit dan alat mesin pertanian (Alsintan).

Pemkab juga membangunkan sarana penunjang infrastruktur pertanian, yakni dengan memperbaiki ruas struktur jalan usaha tani, membuat Embung serta irigasi.

“Setiap tahun disalurkan oleh pemerintah, saluran irigasi persawahan juga dibenahi,” ujar Sutarno.

Menurutnya yang jadi masalah petani di Desa Sumber Sari yakni masalah pengairan, sehingga ketika hujan terjadi banjir. Pihak Desa juga dibantu dibangunkan Embung oleh perusahaan sekitar.

Baca juga : Masyarakat Desa Sumber Sari Kembangkan Penggemukan Sapi

“Untuk Embungnya sekitar lebih dari 1 hektare, kemudian di sekitar Embung ada Perkebunan Durian. Itu untuk pengairan, di sekitar Embung mulai ditanami Sayur-Sayuran,” jelas Sutarno lebih lanut.

Diketahui Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, memiliki potensi lahan pertanian yang cukup luas. Di Desa Sumber Sari ada lebih dari 300 hektare lahan sawah, 100 hektare lahan tanaman holtikultura, dan 60 hektare lahan perkebunan yang produktif. Bahkan Desa Sumber Sari memiliki lahan potensial seluas 1.400 hektare. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor  : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!