Pemkab Kukar Dorong Metode Full Mekanisasi Pertanian

Sutikno : Akan Menekan Biaya Dalam Pengelolaan Lahan

0 243
DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) terus meningkatkan pembangunan di Sektor Pertanian. Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Kukar membuat sejumlah program dan terobosan seperti pembangunan Infrastruktur jalan usaha tani, percetakan sawah, dan melakukan pembinaan langsung kepada petani.

Kepala Distanak Kukar Sutikno mengatakan, peningkatan Sektor Pertanian di Kukar saat ini sangat signifikan. Sehingga saat ini pihaknya mendorong metode full mekanisasi pertanian modern yang berbasis teknologi.

Menurut Sutikno, mekanisme dapat diartikan sebagai alat bantu dalam proses pembudidayaan pertanian. Misalnya dalam hal mengelola tanah yang dulunya biasa menggunakan Cangkul diganti dengan Traktor untuk efisiensi waktu. Tidak hanya itu, mekanisasi dan modernisasi pertanian juga akan menekan biaya dalam pengelolaan lahan.

Sutikno juga mengakui jika dalam penerapannya masih membutuhkan pendampingan di lapangan, oleh karena itu pihaknya melakukan pendampingan secara intensif di lapangan, hal itu dilakukan agar para petani bisa meraih hasil yang maksimal.

“Dan secara bertahap kita melakukan pengenalan ilmu teknik dan penggunaan alat bantu dalam melakukan proses aktivatas pertanian modern tersebut. Dari mulai mengolah tanah, menanam bibit, hingga sampai panen. Seperti di Desa Sidomukti Kecamatan Muara Kaman, sudah terapkan mekanisme penuh. Jadi mulai pengolahan tanah sampai panen sudah menggunakan mesin semua,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan saat di konfirmasi DETAKKaltim.Com beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Sutikno menjelaskan, untuk memudahkan proses tersebut pihaknya membagi tiga zona, tiga zona tersebut yakni Zona Pantai Kecamatan Marang Kayu, Zona Tengah Kecamatan Loa Kulu, dan Zona Hulu meliputi Kecamatan Sebulu dan Muara Kaman.

Baca juga : Hidupkan Kembali Pariwisata, Pokdarwis Desa Pela Akan Gelar Festival Danau

“Kita sudah membagi 3 zona, di antaranya Zona Pantai Kecamatan Marangkayu, Zona Tengah Kecamatan Loa Kulu dan Zona Hulu Kecamatan Sebulu dan Muara Kaman. Pemetaan ini dilakukan untuk mempermudah program kita,” jelas Sutikno.

Saat ini Pemkab Kukar juga memfasilitasi kelompok tani dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang berada di daerah Muara Kaman, fasilitasnya itu berbentuk bantuan stimulan. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 34 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!