Pansus Kesenian Daerah DPRD Kaltim Berguru ke DKJ

Sarkowi : Ini Menarik Memang

0 136

DETAKKaltim.Com, JAKARTA : Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kesenian Daerah DPRD Kaltim, melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Kamis (20/10/2022).

Menurut Ketua Pansus Raperda Kesenian Daerah DPRD Kaltim Sarkowi V Zahri, tujuan Kunker tersebut untuk menerima masukan dan konsultasi, kaitannya dalam penyusunan Raperda Kesenian Daerah.

Politisi Partai Golkar tersebut memaparkan, kunjungan yang digelar berkaitan dengan optimalisasi peran Dewan Kesenian dalam mewujudkan masyarakat yang peduli terhadap Kesenian. Selain itu memberikan ruang kepada seniman, melalui program pelestarian seni dan budaya.

Oi panggilan akrab Sarkowi V Zahri menuturkan, hal yang menarik perhatian Pansus bahwa seluruh sarana dan prasarana kesenian seperti aula, gedung, panggung dan lainnya tidak untuk disewakan yang bukan berkaitan dengan Kesenian.

“Kalau di Kaltim masih ada gedung atau aula yang peruntukannya buat seni dan budaya disewakan untuk acara pernikahan, alasannya agar ada pemasukan. Ini menarik memang,” ungkap mantan Wartawan ini.

Baca Juga :

Dewan Kesenian menurutnya, harus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Pasalnya, ini berkaitan dengan kesejahteraan seniman agar semangat terus dalam berkarya dan regenerasi.

Dalam kunjungan itu, Ketua DKJ Danton Sihombing menyampaikan mengkomersilkan sarana dan prasarana Kesenian untuk kegiatan non seni dan budaya telah keluar dari tujuan awal, dan dapat mengganggu program-program pelestarian Kesenian itu sendiri.

“Misalnya anak-anak mau berlatih seni atau mau pentas seni, tetapi tidak bisa karena gedung atau aulanya disewakan. Kan tidak efektif jadinya.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!