Menuju “New Normal”, Pemkab Kutim Siapkan Strategi

Bahrani : Pembiasaan Harus Dimulai Keluarga

0 175

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Pemerintah Kutai Timur (Kutim) menyiapkan formulasi pelaksanaan tatanan kehidupan baru atau “new normal”.

Dalam rapat evaluasi percepatan penanganan Covid-19 di Kutim, Pemkab Kutim mengajak dan membahas untuk mulai menerapkan new normal di lingkungan jasa perdagangan, perkantoran, industri dan pendidikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kutim Bahrani Hasanal mengatakan, masyarakat harus mulai membiasakan hidup dalam situasi normal baru.

Namun, tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak fisik, memakai masker dan menghindari kerumunan, serta mulai produktif kembali.

“Pembiasaan harus dimulai keluarga, intinya kedisiplinan warga yang paling penting,” jelasnya, Kamis (28/5/2020).

Teknis pelaksanaan protokol kesehatan di setiap sektor masih dirumuskan. Pemerintah tengah menyusun metode protokol di masing-masing sektor. Tetapi, pemerintah menekankan, keluarga harus menjadi garda terdepan pelaksanaan hidup dalam situasi new normal. Keluarga harus menerapkan disiplin ketat protokol kesehatan selama masa-masa sulit ini.

“Keluarga diharapkan bisa menjadi basis perubahan perilaku secara mendasar,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo yang turut hadirpun mendukung pemerintah jika akan diberlakukan “new normal”, namun sebelum diberlakukan harus dilakukan sosialisasi ke semua lapisan masyarakat.

“Jangan sampai masyarakat salah paham arti dari new normal, maka perlu ada pemahaman-pemahaman kepada masyarakat secara menyeluruh dengan melibatkan semua stakeholder baik dari tingkat RT,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!