Masuki New Normal, Taman Folder Sangatta Diserbu Warga

Protol Kesehatan Mulai Diabaikan

0 491

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Usai penerapan Pembatasan Sosial selama pandemi Covid-19, masyarakat mulai memasuki masa transisi menuju tatanan hidup baru atau New Normal Life.

Pada masa ini, aktivitas masyarakat yang semula sepi kini terlihat kembali ramai. Salah satunya Taman Folder yang terletak di Jalan Ilham Maulana, Sangatta, Kutai Timur, kini mulai terlihat geliat pengunjung melakukan aktifitas seperti mancing, jogging, berburu jajanan hingga hanya sekedar nongkrong.

Seperti pantauan media ini, Minggu (7/6/2020), sejumlah sudut-sudut folder terlihat ramai bahkan silih berganti masyarakat datang dan pulang.

Namun sayangnya, new normal seakan sudah merupakan kebebasan beraktifitas bagi masyarakat tanpa memperdulikan lagi efek paparan pandemi Covid-19.

Hal ini terlihat dari interaksi masyarakat yang mulai mengabaikan aturan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, salah satunya tidak menggunakan masker.

Ema, seorang pengunjung Taman Folder mengatakan saat ini kami sudah mulai malas untuk memakai masker karena melihat kondisi yang padat dan cuaca panas.

“Saluran pernafasan kami sudah tidak nyaman lagi atau mulai sesak, ketika memakai masker suara tidak jelas yang menimbulkan salah komunikasi dengan teman,” ujar Ema.

Tidak hanya itu, sudah jelas terlihat dengan situasi ini langsung dimanfaatkan oleh pedagang setempat. Pasalnya sudah banyak pedagang yang mulai membuka gerainya, dari pedagang Gorengan, Pentol, minuman segar dan lain sebagainya.

Namun, selain pengunjung, penjual yang membuka lapaknya kadang juga masih mengabaikan protokol kesehatan. Padahal beberapa waktu lalu, Bupati Kutai Timur, Ismunandar sudah mengimbau seluruh masyarakat Kutim dalam menghadapi new normal ini, masyarakat tetap harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dalam mengantisipasi adanya penyebaran virus tersebut.

“Ketetapannya new normal ya hidup normal lagi, tapi dengan protokol kesehatan. Jadi kalau dulu kita bisa jalan cekakak-cekikik, sekarang yang berjanggut saja nggak kelihatan lagi (karena bermasker),” ujar Ismunandar beberapa waktu lalu. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!