Legislator Kaltim Tekankan Peran Penting Reses

Marthinus: Dari Reses Ini Kami Menggali dan Menampung Aspirasi

0 142

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Reses merupakan agenda 3 bulanan yang selalu dilaksanakan anggota dewan. Dimana pada saat itu, masing-masing legislator akan turun ke Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing dan menyerap aspirasi masyarakat.

Kendati demikian, berhembus kabar dari berbagai pihak yang mengatakan agar reses lebih baik ditiadakan, akibat dari kurangnya dukungan dari pemerintah terkait. Sehingga terkesan ‘buang-buang’ anggaran.

Anggota Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Marthinus lantas memiliki pandangan yang berbeda. Ia menilai reses sangat berperan penting bagi legislatif, agar dapat melihat langsung kenyataan di lapangan hingga hasil pembangunan yang dilaksanakan oleh eksekutif.

“Reses juga salah satu upaya untuk menjembatani publik, dan mengakomodir aspirasi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat,” ucap Marthinus beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Ia juga mengatakan, penyerapan aspirasi masyarakat adalah salah satu pertanggungjawaban legislator, guna memperjuangkan permintaan masyarakat di Dapilnya masing-masing.

“Dari reses ini kami menggali dan menampung segala aspirasi baik persoalan pembangunan, sosial, ekonomi, kemasyarakatan dan aspirasi lainnya,” terang Marthinus yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

Kegiatan reses, sambung dia, dapat menjadi masukan dan telaah untuk diperjuangkan sebagai konsekuensi membantu kelancaran berbagai pembangunan, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Tujuan reses ini untuk mengetahui dan juga mendapatkan berbagai informasi, tentang perkembangan pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah.” tandas Marthinus. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!