Legislator Kaltim Berharap Bantaran SKM Steril Bangunan

Nanda : Harusnya Jangan Ada Bangunan

0 52

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ananda Emira Moeis mendorong agar bantaran Sungai Karang Mumus (SKM) Samarinda bisa steril bangunan.

Bagi dia, bangunan yang ada di tepi Sungai Karang Mumus akan mengganggu aliran air. Ia juga meminta agar sisi tepi Sungai yang belum diturap, sebaiknya disegerakan.

“Agar Karang Mumus itu benar-benar bisa berfungsi dengan baik, dan terjaga airnya. Harusnya jangan ada bangunan,” ungkap Nanda kepada DETAKKaltim.Com di Samarinda, Selasa (27/4/2021).

Selain bangunan rumah atau tempat tinggal, bangunan rumah ibadah juga, kata dia, mesti tak boleh berada di bantaran Sungai. Sebab, bantaran Sungai merupakan kawasan hijau yang mestinya jadi ruang terbuka hijau bagi masyarakat.

Hal tersebut, kata Nanda, sejalan dengan konsep politik hijau yang menjadi komitmen partainya, PDI Perjuangan. Nanda meminta semua pihak, harus memiliki komitmen sama dalam menjaga lingkungan hijau.

“Di Samarinda ada Sungai Karang Mumus, salah satu yang sangat perlu mendapat perhatian. Kami kader PDI P di parlemen juga akan terus aktif, menjalankan dan menyerap aspirasi untuk mewujudkan komitmen politik hijau,” sambungnya.

Selasa (27/4/2021) Wali Kota Samarinda Andi Harun meninjau sejumlah titik jadi sumber banjir.  Ia komitmen memanfaatkan semua saluran air, termasuk Sungai dan Anak Sungai untuk dikembalikan sesuai fungsinya.

Salah satu masalahnya adalah bangunan yang memakan badan Sungai.  Sejak Agustus 2020 lalu, Pemkot Samarinda sudah membongkar 259 bangunan di bantaran Sungai Karang Mumus (SKM), segmen Pasar Segiri Samarinda RT 26.

Maret 2021 lalu Tim Gabungan Satpol PP kembali membongkar bangunan Pasar Segiri, atau tepatnya di Gang Nibung. Pembongkaran ditujukan kepada rumah milik warga yang telah bersedia menerima uang santunan atau biaya ganti rugi. Saat itu, sebanyak 40 bangunan yang akan dibongkar.  Setelah pembongkaran itu, rencananya akan dilakukan penurapan. (DK.Com)

Penulis : Zaki

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!