Layanan Kesehatan, Yusran Berharap Program Ambulance Desa Dilanjutkan

0 111

 DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Satu di antara sejumlah program  unggulan  gagasan Bupati Penajam Paser (PPU) Yusran Aspar yang langsung dirasakan masyarakat Kabupaten PPU hingga saat ini adalah, program peningkatan pelayanan terhadap kesehatan masyarakat  melalui pengadaan ambulance Desa dan Kelurahan di Kabupaten PPU.

Digagas sejak 2014 lalu, kini pengadaan ambulance bagi 30 Desa yang ada di Kabupaten PPU itu manfaatnya begitu besar dirasakan oleh masyarakat hingga pelosok Desa. Program  pengadaan mobil ambulance ini digagas memang bertujuan untuk memberikan pelayanan prima, khususnya untuk memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat agar cepat mendapatkan penanganan dari Puskesmas atau rumah sakit terdekat.

“Dulu ketika kita belum memiliki fasilitas ambulance Desa masyarakat merasa sangat kesulitan untuk memperoleh transportasi bagi pasien agar segera memperoleh penanganan, apa lagi ketika itu situasi sangat darurat sekali. Seperti ketika terjadi kecelakaan di Desa, melahirkan dan sebagainya,” ungkap Yusran Aspar dalam satu kesempatan.

Tidak ingin melihat masyarakatnya kesulitan berkepanjangan, lantas mantan Anggota DPR RI ini kemudian menggagas program ambulance bagi 30 Desa yang ada di wilayahnya tersebut. Pengadaan dilakukan secara bertahap, kini sebagian besar Desa yang ada di PPU telah memiliki fasilitas ini. Masyarakatpun merasa bersyukur, kini pelayanan kesehatan yang dibutukan telah terpenuhi dan bermanfaat hingga sekarang.

“Kami berharap program ini dapat dilanjutkan kepemimpinan selanjutnya di Kabupaten PPU. Paling tidak saat ini program unggulan itu sudah ada, tinggal bagaimana kepemimpinan yang baru dapat lebih memajukan program tersebut. Misalkan menambah fasilitas mobil ambulance di masing-masing Desa, meningkatkan fasilitas  pelayanannya dan sebagainya,“ pinta Yusran Aspar belum lama ini.

Menurutnya, pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan yang memang harus diutamakan bagi masyarakat. Karena memang hal-hal yang menyangkut pelayanan menurutnya harus selalu diprioritaskan dan didahulukan, salah satunya pengadaan fasilitas ambulance Desa tersebut dianggap sangat penting dan prioritas.

Sementara untuk pemeliharaan mobil ambulance itu, Yusran menuturkan, menjadi tanggung jawab Kepala Desa/Lurah. Jadi setiap warga yang mau berobat di Rumah Sakit Umum maupun di Puskesmas bisa menggunakan mobil ambulance tersebut. Semua memang digagas untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat Desa.

“Warga cukup memberitahu kepada Kepala Desa/Lurah, bahwa ada warga yang sakit mau dibawa ke Puskesmas atau ke RSUD, pemerintah Desa/Kelurahan bisa langsung memerintahkan sopir ambulance untuk mengantar warga yang sakit itu,” tuturnya. (Humas6/LVL).

(Visited 18 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!