Kunjungi Wakil Ketua DPRD Kaltim, 3 Kades dari Kukar Sampaikan Unek-Unek

Muliyono : Kami Meminta Bantuan dari Dewan

0 140
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Tiga Kepala Desa dari Kecamatan Tenggarong Seberang berkunjung ke Kantor DPRD Kaltim, Selasa (26/1/2021).

Kunjungan mereka diterima Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun. Ketiganya menyampaikan unek-unek terkait infrastruktur, serta upaya terobosan setiap Desa menuju Desa Mandiri agar di-support melalui bantuan Anggaran dari DPRD Kaltim.

Ketiganya yakni Kepala Desa Panca Jaya Muara Kaman, Kepala Desa Mulawarman Tenggarong Seberang, dan Kepala Desa Loa Duri Ulu Loa Janan.

“Alhamdulillah niat kami untuk silaturrahmi sama Bapak Wakil Ketua DPRD Kaltim yang kebetulan adalah wakil Rakyat di Dapil Kukar ini, sudah terlaksana. Kami sangat bersyukur disambut baik oleh beliau,” ungkap Muliyono, Kepala Desa Mulawarman, Kecamatan Tenggarong Seberang, saat ditemui awak media.

Bukan hanya mendengarkan kami, kata Muliyono, beliau juga sudah memberikan bantuan seperti solusi penanganan, maupun saran kepada kami, itu yang paling penting.

Yang menghadap ini untuk Kepala Desanya ada 3 Kades, kata dia lebih lanjut, sisanya adalah bagian dari BPD, juga dari bagian bidang di Desa.

“Ini sekaligus meminta bantuan arahan mekanismenya. Sekalian belajar,” sambung dia.

Muliyono menjelaskan, hal tersebut demi memajukan Desa mereka, sebab selain dibantu anggaran daerah dan anggaran desa.  Selain itu untuk kebutuhan peningkatan Desa yang belum terlaksana.

“Kami meminta bantuan dari Dewan, ya seperti Bantuan Keuangan dari Provinsi melalui Bapak Muhammad Samsun ini.  Karena saat ini kami terkendala di anggaran, karena ada sebagian anggaran yang harus kami kondisikan sesuai belanja desa yang sudah ditentukan setiap tahunnya, dan kegiatan yang harus kami laksanakan juga setiap tahunnya, hingga membuat kebutuhan dan usulan lain yang bersifat urgent itu terbatasi,” terang dia.

Oleh karena itu, dia berharap bisa di-support melalui anggaran Provinsi. Selain itu, yang membuat pihaknya sangat lega, karena Samsun banyak memberikan masukan-masukan, serta memberikan informasi mengenai alur agar dapat mengajukan permohonan.

“Di sini selain menyampaikan unek- unek atau curhat ke Bapak Samsun, kami juga belajar memahami mekanisme penganggaran. Yang mustahil memang bisa semuanya diakomodir. Ya yang namanya Desa kan dituntut untuk menciptakan terobosan-terobosan agar bisa mandiri, dan menunjang penghasilan Desa ke depan. Oleh karena itu, keterbatasan inilah yang kami curhatkan ke bapak Wakil DPRD Kaltim,” jelas dia.

Baca juga : Hadiri Undangan PBVSI Samboja, Wakil Ketua DPRD Kaltim Berikan Motivasi

Pada kesempatan yang sama, Muhammad Samsun mengatakan intinya Kepala-Kepala Desa menyampaikan terkait dengan potensi dan tantangan di Desanya masing masing.

“Kemudian mereka bermaksud untuk mencari terobosan, bagaimana pembangunan di Desanya terlaksana dengan baik. Baik melalui bantuan anggaran Kabupaten, maupun bantuan anggaran dari Provinsi,” ungkapnya.

Samsun juga mengungkapkan, para Kepala Desa tadi tadi juga banyak cerita terkait potensi di Desanya, kendala-kendala di Desanya masing masing.

“Insya Allah karena ini bagian dari aspirasi masyarakat, saya temui khusus dan menjadi masukan buat kami sebagai wakil rakyat di Kutai Kartanegara. Dan insya Allah perlahan nanti kita upayakan untuk merespon aspirasi-aspirasi mereka,” pungkas politisi PDI Perjuangan ini. (DK.Com)

Penulis : Zaki

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!