Angka Stunting di Kukar Alami Penurunan Tertinggi di Kaltim

Dari 27,4 Persen ke 17,6 Persen. 

0 33

DETAKKaltilm.Com, TENGGARONG: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) mencatat penurunan secara signifikan dalam angka stunting.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kukar Sunggono, tingkat penurunan angka stunting di Kukar saat ini turun dari sekitar 27,4 persen menjadi 17,6 persen. Turunnya sekitar 10 persen, dan ini turunnya paling tinggi di Kaltim.

“Ini merupakan suatu capaian yang menurut saya patut kita syukuri dan apresiasi, karena Bupati selalu mengingatkan kepada kami supaya masalah stunting ini tetap dikawal jangan sampai data ini tidak sesuai keadaan di lapangan,” ujarnya, Selasa (21/05/2024).

Sunggono mengatakan, keberhasilan ini tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan Pemkab Kukar. Seperti halnya pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang dilakukan secara masif, termasuk pembangunan dan rehabilitasi 26 unit Posyandu di beberapa Kecamatan serta standarisasi peralatan di 794 unit Posyandu.

“Upaya Pemkab Kukar cukup memadai dalam penanganan stunting, meski ada catatan administrasi yang perlu dicermati terkait kebijakan penganggaran, agar bisa secara nyata menyebutkan item dan detail untuk kegiatan penurunan stunting,” tuturnya.

Baca Juga:

Namun demikian, ia tetap memberi apresiasi tinggi kepada Satgas dan OPD yang terus meningkatkan kerja sama dalam penurunan stunting, sehingga saat ini mulai kelihatan hasilnya.

“Sayapun berterima kasih kepada para Kepala Desa, Lurah, dan Camat yang terus melakukan berbagai program mitigasi stunting, mulai dari penanganan hingga pencegahan stunting. Mulai dari peningkatan Kader Pembangunan Manusia (KPM), Tim Pendamping Keluarga (TPK), serta kegiatan Rembuk Stunting di tingkat Desa dalam rangka menyusun rencana kegiatan untuk intervensi stunting di tingkat Desa.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com/ADV. Prokom)

Penulis: Alim

Editor: Lukman

(Visited 21 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!