KPU Samarinda Angkat Isu Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Dalam Debat

Calon Wali Kota Samarinda Barkati, Andi Harun, dan Zairin Zain

0 73
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda menggelar debat calon Wali Kota di Hotel Mercure, Samarinda, Minggu (18/10/2020) malam.

3 calon Wali Kota Samarinda dipastikan hadir mengikuti debat yang merupakan salah satu tahapan Pilkada tahun 2020 itu, masing-masing Muhammad Barkati, Andi Harun, yang diusung Partai Politik, dan Zairin Zain yang maju melalui jalur Perseorangan atau independen.

Debat calon Wali Kota tersebut akan mengangkat tema terkait kesehatan, kemudian ekonomi, dan pendidikan.

Komisioner KPU Samarinda Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipan Masyarakat Muhammad Najib  mengatakan, pihaknya telah siap untuk debat nanti malam. Untuk regulasi para calon akan diberikan tiga bagian.

Bagian pertama pemaparan visi misi kepada moderator. Tiap calon diberikan waktu 60 detik untuk memaparkan visi dan misi. Selanjutnya moderator akan melakukan

Pertanyaan akan diberikan moderator dalam durasi 30 detik. Selanjutnya calon Wali Kota  akan menjawab pertanyaan berdasarkan visi misi selama 120 detik.

Pada sesi akhir para calon akan melakukan tanya jawab antar calon. Dimana calon akan memberikan pertanyaan kepada para calon lain. Calon A bertanya ke calon B. Mereka diberi durasi bertanya 60 detik. Untuk menjawab diberikan waktu 120 detik.

Baca juga : Pilwali 2020, KPU Samarinda Tetapkan DPT 576.981 Pemilih

Selain itu, para calon juga diminta untuk menyiapkan dua pertanyaan yang nantinya diberikan kepada calon lain untuk dijawab. Najib menegaskan para calon tidak boleh memberikan pertanyaan di luar tema yang telah ditentukan.

“Kami minta para Paslon menyiapkan dua pertanyaan yang berkaitan dengan tema dan tidak bergeser dari tema Covid-19 dan kesehatan. Kemudian ekonomi dan pendidikan,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!