KPU Kota Balikpapan Rekrut Relawan Distribusikan Logistik

Thoha : Tidak Bisa Hanya Mengandalkan Staf

0 67

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, kembali berjalan sesuai dengan perubahan yang disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Terkait distribusi logistik, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, dalam menge-set seluruh logistik yang akan di distribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) tidak bisa hanya mengandalkan staf yang ada di KPU saja. Karena itu pihaknya akan merekrut relawan.

“KPU Kota Balikpapan merekrut relawan-relawan untuk dapat membantu menge-set-nya agar cepat selesai dalam pendistribusian logistik,” kata Noor Thoha saat dijumpai di Sekretariat KPU Kota Balikpapan, Rabu (15/7/2020).

Menurut Noor Thoha, yang paling rumit dan lama adalah mengisi dan menempel stiker A.A.2 KWK yang ditempel di rumah-rumah warga, jumlahnya sekitar 250 ribu. Karena adanya pergeseran waktu Pilkada dari tanggal 23 September menjadi 9 Desember.

Baca juga : KPU Balikpapan Gelar Rakor dengan Dinas Kesehatan

Dijelaskan Noor Thoha lebih lanjut, formulir A-K.W.K atau daftar memilih setiap kecamatan selalu berbeda. Untuk PPDP sendiri, kesulitan klasik itu jelas ketika pemilih didatangi ke rumahnya namun kosong dan pagar terkunci.

“Intinya bagaimana keuletan PPDP ini dalam meng-input orang orang yang tidak ada di rumah,” kata Noor Thoha.

Untuk petugas PPDP, masih kata Noor Thoha, jauh-jauh hari sudah diinformasikan harus ahli dalam menggunakan komputer. Karena untuk mengetahui bagaimana sistem pelaporan datanya harus bisa menggunakan komputer. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!