KPU Kota Balikpapan Gelar Sosialisasi Tahapan Pilkada

0 57

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melaksanakan sosialisasi Tahapan Pilkada Kota Balikpapan Tahun 2020, di ruang Atlantic Palace, Hotel Pasific, Kamis (6/2/2020).

Babinkamtibmas, Babinsa, Kapolsek, Danramil, camat, lurah, turut menghadiri mewakili masing-masing wilayahnya, yang menjadi bagian penegakkan hukum dalam terlaksananya Pilkada Kota Balikpapan aman dan nyaman.

Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menyampaikan, menghadirkan stakeholder ini agar mengetahui tahapan-tahapan yang sudah berjalan sekarang ini, yang dilakukan oleh KPU Kota Balikpapan. Dalam rangka untuk menjalin kerja sama dalam mengatasi hal-hal yang berbau pelanggaran, dan bisa terdeteksi secara dini.

“Peran camat, lurah, Bhabimkamtibmas, Babinsa fungsinya tidak diragukan. KPU sempat melakukan sosialisasi di Kodim dan terjalin koordinasi dengan baik,” kata Thoha.

KPU, kata Thoha lebih lanjut, sempat melakukan pertemuan dengan Dandim dan Kapolres yang memberikan saran dengan baik sehingga dibuatlah sosialisasi 3 pilar.

“Dalam Pemilu atau Pilkada sesuai Tupoksinya TNI dan Kepolisian adalah memberikan pengamanan karena ada pihak-pihak yang merasa tidak puas karena tidak terpilih, banyak potensi kerusuhan dalam Pilkada,” kata Thoha.

KPU mengupayakan untuk mendongkrak partisipasi karena dalam riwayatnya, Balikpapan selama Pilkada ini hanya 60,34% yang ikut memilih.

“Maka hari ini dilibatkanlah Bhabimkabtibmas dan Babinsa karena apa yang disampaikan oleh petugas ini sedikit banyaknya didengar oleh masyarakat dalam menyampaikan hal-hal yang positif. Seperti halnya berita hoak, Bhabimkamtibmas dan Babinsa bisa meluruskan langsung hal demikian ke masyarakat. Karena yang langsung bersentuhan kepada warga setempat itu, salah satunya,” kata Thoha.

Pilkada serentak akan diselenggarakan pada 23 Septemberi 2020. KPU Kota Balikpapan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih, salah satunya menggelar kegiatan Goes to School (GTS) yang menjadi gudang suara pemilih pemula. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!