Ketua Fraksi PDIP DPRD Kaltim Gelar Sosbang di Samarinda

Nanda : Bangsa Indonesia Akan Terus Kokoh

0 135

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harus berdiri kokoh menghadapi berbagai tantangan, yang coba merongrong dan memecah bela persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam upaya menjaga hal tersebut, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ananda Emira Moeis melaksanakan Sosialisasi Kebangsaan (Sosbang) di Jalan Awab Syahrani, Samarinda, Sabtu (10/12/2022).

Sekretaris PDI Perjuangan Kaltim ini mengungkapkan, kegiatan Sosbang ini dalam rangka menyampaikan 4 konsensus kebangsaan.

4 konsensus kebangsaan tersebut ialah Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara, UUD 1945 adalah konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara.

“Jikalau kita mengamalkan hal ini dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita optimis bahwa Bangsa Indonesia akan terus kokoh,” ucap Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini lugas.

Wakil Rakyat Daerah Pemilihan Samarinda ini mengungkapkan, di tengah situasi kebangsaan yang banyak mendapatkan tantangan. Maka perlu kembali menanamkan kecintaan, terhadap bangsa dan negara.

Dengan Sosbang ini, Nanda sapaan akrabnya, berharap kesadaran akan jiwa dan semangat, rasa dan nilai-nilai Kebangsaan Indonesia dalam diri warga negara, memiliki daya tangkal terhadap pengaruh yang negatif baik dari dalam maupun luar Indonesia.

Materi terkait Wawasan Kebangsaan ini, menurutnya, sangat baik sekali untuk menjaga persatuan dan kesatuan, soliditas dan membangun semangat satu frekuensi, saling bisa bergotong royong.

Kegiatan Sosbang yang sangat bermanfaat ini, kata Nanda, harus terus dilanjutkan. Hal ini agar seluruh pihak dapat hadir di tengah masyarakat, untuk menyampaikan terkait pilar-pilar pondasi, kerekatan NKRI.

“Sosbang mengupas lebih detail, kalo kulit-kulitnya saja masyarakat tidak usah dibicarakan lagi. Pancasila bukan diciptakan, tapi digali dari keseharian masyarakat Indonesia,” ucap lulusan S1 Seni Rupa Universitas Trisakti Jakarta ini.

Jadi masyarakat Indonesia memang sudah Pancasila, lanjut Nanda, sudah dan gotong royong sejak lama. Makanya masyarakat berhasil lewati Covid-19 karena gotong royong.

Harapannya, Sosbang ini menjadi suatu program yang berkelanjutan, agar menjadi momentum  masyarakat Indonesia bisa lebih paham secara detail api perjuangan pendahulu bangsa.

“Kita bisa sampaikan di sini. Bagaimana para pendahulu bangsa bersusah payah menguras tenaga, waktu, darah, pikiran sampai nyawa. Betul-betul kita sampaikan mudah-mudahan jadi momentum tepat rakyat Indonesia, khususnya di sini bisa meresapi apa yang pendahulu kita sudah perbuat.” tandas Nanda.

Baca Juga :

Narasumber lain dalam Sosbang kali ini Sofyan mengungkapkan, Sosbang yang dilakukan anggota DPRD Kaltim sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Harapannya, acara seperti ini bisa konsisten karena mengingat pentingnya mengenai wawasan kebangsaan untuk masuk umum khususnya masyarakat Kota Samarinda, dan itu sejalan dengan apa yang diperjuangkan PDI Perjuangan.

“Sebagai partai nasionalis pastinya hal ini sangat membantu kita, untuk mensosialisasikan tentang pentingnya berfikir nasionalis di kalangan masyarakat,” ucap Sekretaris PDI Perjuangan Kota Samarinda ini.

Pentingnya Sosbang ini, lanjut Sofyan, untuk membentengi diri dari berbagai tantangan. Apalagi dengan kemajuan teknologi dan informasi, masyarakat harus pintar untuk memilah mana informasi yang baik atau mana informasi yang hoax.

“Dalam hal apa, tentu dalam hal isu yang berpotensi memecah belah bangsa ini. Baik itu intoleransi, maupun isu yang mengarah pada gerakan radikalisme. Ini harus kita antisipasi bersama, dan harus kita perangi bersama,” ucapnya.

Sosbang yang ditukangi Ananda Emira Moeis kali ini, diikuti Pengurus Anak Cabang PDI Perjuangan seluruh Kota Samarinda dengan antusias. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis

Editor   : Lukman

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!