Ketua Fraksi Gerindra Dorong Realisasikan Pembangunan Bendungan Telake

Bagus: Telah Memasuki Tahap DED

0 90

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Masuki tahap Detail Engineering Design (DED), percepatan realisasi pembangunan Bendungan Telake, Kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, disuarakan Wakil Rakyat Benua Etam.

Bukan tanpa alasan, anggota Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Bagus Susetyo mendorong hal tersebut, agar ke depan dapat mendukung ketahanan pangan.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kaltim itu juga memaparkan, DED merupakan tahapan dimana terdapat dokumen desain teknis bangunan yang terdiri dari gambar teknis, spesifikasi teknis, dan spesifikasi umum, volume, hingga biaya pekerjaan.

“Telah memasuki Tahap DED. Tinggal kita tunggu realisasinya, karena ada banyak manfaat yang mampu diberikan dari pembangunan itu,” terang Bagus, Minggu (26/2/2023).

Bendungan Telake, menurut Bagus, dapat menopang Sistem Pengairan Lahan Pertanian. Baik itu di wilayah Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), hingga Kecamatan Long Kali di Kabupaten Paser.

Baca Juga:

Bagus juga berpandangan, menjelang kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, urbanisasi besar-besaran masyarakat berpotensi tinggi dapat terjadi.

“Mulai sekarang pemerintah harus mulai bergerak, meskipun 50 persen kebutuhan Padi kering (Gabah) itu sudah dicukupi dari lokal. Lonjakan peningkatan kebutuhan pangan sudah nyata akan terjadi,” bebernya.

APBD Kaltim yang menyentuh hingga Rp17,2 Trilyun itu diharapkannya dapat mengakomodir percepatan realisasi pembangunan, yang diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp1,2 Trilyun.

“Sebetulnya sangat mampu untuk dapat dilaksanakan, sebab APBD Kaltim 2023 memiliki peningkatan dengan total Rp17,2 Trilyun.” tandas Bagus. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 18 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!