Kenalkan EPIRB, Basarnas Gelar Sosialisasi Deteksi Dini

0 174

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Badan SAR Nasional (Basarnas) Kaltim/Kaltara memberi atensi khusus terhadap musibah pelayaran yang belakangan waktu marak terjadi. Karena itu mendekati Hari Raya Idul Fitri, kesiapsiagaan terus ditingkatkan.

Saat ini cakupan Basarnas Kaltimra yang berkantor pusat di Balikpapan itu terbilang luas. Meliputi dua provinsi sekaligus, yakni Kaltim dan Kaltara.

Menggandeng unsur TNI, Polri, serta masyarakat, Basarnas mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya EPIRB (Emergency position Indicating Radio Beacon) bagi armada pelayaran digelar di Kantor Basarnas Balikpapan, Selasa (6/6/2017).

Direktur Komunikasi Basarnas, Brigjen TNI (Mar) Suprayogi, dalam Sosialisasi Peralatan Deteksi Dini mengatakan, tiap operator pelayaran di Indonesia penting untuk melengkapi armadanya dengan EPIRB.

“Karena penggunaan radio Beacon ini penting bagi kami, untuk melakukan deteksi dini dan mempercepat diketahuinya lokasi musibah pelayaran dengan akurat,” terangnya.

Perwira TNI berpangkat bintang satu itu mengatakan, hal ini juga dilakukan guna  mengantisipasi kejadian seperti di Masalembo, terkait KM Mutiara Sentosa 1 yang terbakar saat berlayar.

Sosialisasi sendiri dilaksanakan guna memberi pandangan baru kepada para peserta yang hadir dari berbagai instansi seperti TNI, Polri, perusahaan baik swasta maupun BUMN pentingnya penggunaan EPIRB dalam evakuasi keselamatan dan keamanan musibah di laut.

Ada sekitar 30 perusahaan swasta yang hadir dalam kegiatan ini. Terutama mereka yang memiliki lebih dari 100 armada yang memang belum melengkapi kapalnya dengan EPIRB.

Dalam kegiatan Basarnas juga meminta operator pelayaran untuk memverifikasi radio beaconnya di Basarnas.

“Tidak dipungut biaya,” jelas Suprayogi.

Mujiono, Kepala Basarnas Balikpapan membenarkan jika EPIRB akan sangat berguna saat terjadi emergency.

Apabila terjadi kecelakaan laut, maka radio beacon yang berada di kapal tersebut akan mengirim sinyal kepada operator Basarnas Balikpapan.

Dengan adanya EPIRB tersebut, maka tim SAR dengan cepat bisa mendapat info kejadian laka. (rsk)

 

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!