Jelang Lebaran, Anggota DPR RI Minta Pemda Operasi Pasar

Safaruddin Ingatkan Waspada Makanan Kadaluarsa

0 109

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Anggota DPR RI Dapil Kaltim Drs H Safaruddin mengimbau agar Pemerintah Daerah mengantisipasi adanya makanan kadaluarsa jelang lebaran. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar. Apalagi yang sudah dikemas dalam bentuk bingkisan.

Safaruddin mengatakan, perlu ada upaya pemantauan atau pengecekan terhadap makanan, baik di pasar tradisional maupun modern. Jika ditemukan makanan kadaluwarsa, harus segera diambil dari peredaran sebelum masyarakat mulai belanja bingkisan makanan untuk lebaran.

“Mulai dari sekarang harus segera diantisipasi. Jangan sampai masyarakat Kaltim yang dirugikan. Pemerintah Daerah bekerja sama dengan instansi terkait, dalam hal ini Kepolisian dan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan) segera bergerak. Dicek dulu biar semua aman. Kalau ada makanan expired segera diambil,” imbau Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltim itu, Jum’at (30/4/2021).

Safaruddin juga mengimbau, agar pemerintah memantau pasokan Sembako. Biasanya, aktivitas belanja masyarakat meningkat jelang lebaran. Di sisi lain, pemantauan harga bahan pokok juga perlu dilakukan secara rutin menjelang lebaran agar pedagang tidak menaikkan harga sendiri.

“Kalau pasokan langka, harga akan terkerek naik. Lagi-lagi yang dirugikan masyarakat. Jangan sampai kelangkaan terjadi. Operasi pasar harus segera dilakukan. Jangan ditunda lagi,” imbuh anggota Komisi 3 DPR RI yang membidangi persoalan Hukum, Keamanan, dan Hak Asasi Manusia itu.

Diakuinya, yang agak sulit dideteksi adalah makanan yang sudah dikemas dalam bentuk bingkisan. Karena memang sudah dibungkus dan langsung diedarkan. Kendati demikian, Safaruddin juga mengimbau kepada masyarakat untuk teliti sebelum mengkonsumsi.

“Harus teliti dan waspada terhadap makanan dan minuman kadaluarsa. Masyarakat harus lebih teliti, jangan terlalu terburu-buru, apalagi tergiur harga murah. Saat membeli atau menerima bingkisan, dicek dulu tanggal kadaluarsanya. Jangan langsung dikonsumsi, nanti malah membahayakan. Jika menemukan makanan kadaluarsa yang dijual, laporkan,” tegas Kapolda Kaltim 2015-2018 itu. (DK.Com)

Sumber : PDIP

Editor    : Lukman

(Visited 23 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!