SRIKANDI Yang Ingin Jadi Pilihan Tuhan, Bukan Pilihan Oligarki

Yustisia: Suara Tuhan Adalah Suara Rakyat

0 154

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Politik adalah ajang dominasi pria berkuasa dan ingin menguasai kekuasaan, namun sejak reformasi kebijakan politik mulai memperhatikan dan menghargai wanita sebagai bagian dari kekuasaan, maka diberikanlah porsi 30% bagi wanita untuk dapat menduduki pencalonan legislatif.

Seiring perkembangan politik, mulai banyak srikandi-srikandi negeri yang ikut aktif berpolitik dan berperan dalam kekuasaan pemerintahan.

Yustisia Debrina pada kegiatan Expo Apcasi dan kunjungan ke negara-negara Eropa Tengah bersama Kadin Indonesia. (foto: Exclusive)
Yustisia Debrina pada kegiatan Expo Apcasi dan kunjungan ke negara-negara Eropa Tengah bersama Kadin Indonesia. (foto: Exclusive)

Adalah Yustisia Dibrina, seorang wanita pengusaha dari Samarinda yang telah berkiprah dalam bisnis Biomass, berupa Cangkang Sawit hingga dipasarkan ke luar negeri, ke beberapa negara di Asia dan Eropa, dan kiprah ini dirasakan kurang oleh Yustisia.

“Sudah cukup hidup saya mendapakan kebaikan dari Ibu Pertiwi ini, kini saatnya saya ingin berbuat lebih banyak untuk Ibu Pertiwi, khususnya untuk masyarakat yang masih belum mendapatkan keadilan dalam kesejahteraan,” ujarnya dalam perbincangan di Hotel Bumi Senyiur beberapa waktu lalu.

Yustisia Dibrina yang tumbuh besar dan sekolah di Samarinda, adalah sosok wanita pengusaha yang juga aktif berorganisasi baik di tingkat daerah maupun tingkat nasional. Di tingkat nasional, Yustisia adalah Wakil Komite Tetap Bidang Eropa Tengah di Kadin Pusat dan Ketua Bidang Kemitraan, Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan di Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia.

Sementara di daerahnya dia pernah masuk menjadi pengurus KONI Kaltim 2 periode 2013-2020, dan Wakil Ketua DPD Partai PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Timur.

Sebagai Pengurus Kadin Pusat, Yustisia aktif menjalin komunikasi bisnis dan dagang melalui kunjungan Business Meeting atau exhibition di negara negara seperti Ceko, Slovakia dan Polandia, serta beberapa kali mengikuti konferensi dan exhibition Biomass International di Jepang

Negara kita sedang tidak baik-baik saja, perlu partisipasi semua warga untuk memperbaikinya, dan itu harus dimulai oleh leadernya untuk menunjukkan ketauladanan yang baik pada warganya, sehingga bisa menggerakkan peran warga masyarakat bergotong royong memperbaikki negara, dari mentalitas terjajah dan pasrah, menjadi mentalitas pejuang dan pekerja keras,” ujar Yustisia bersemangat.

“Namun itu harus dimulai secara politik, melalui kebijakan yang adil dan pro rakyat. Iniliah tugas wanita, karena keadilan pertama kali hadir dari rahim seorang wanita,” tambah Tissy panggilan akrabnya.

Semangatnya memenangkan perhelatan kursi anggota DPR RI Dapil Kaltim adalah tidak lain, ingin memperjuangkan keadilan dan kesejahteraan bagi masyarakat. Meskipun pencalonannya penuh tantangan, karena Yustisia berjanji akan berjuang tanpa money politics.

“Saya ingin masyarakat tahu, bahwa keadilan dan kesejahteraan masyarakat itu harus dimulai dengan kejujuran dalam PEMILU. Bagaimana ingin diwakili oleh anggota dewan yang pro rakyat, jujur dan adil, kalau masyarakat masih memilih wakilnya karena uang suap politik,” tegasnya.

“Suara Tuhan adalah suara rakyat, tapi kalau suara rakyat didapat karena dibeli, maka itu bukan lagi suara Tuhan, tapi suara oligarki. Maka masyarakat akan jauh dari mendapatkan keberkahan dari Tuhannya, tapi justru mendapakan kemelaratan oleh oligarki. Maka jangan pilih Caleg yang menggunakan uangnya untuk menang, tapi pilihlah karena hati nurani. Karena di dalam hati nurani, ada suara Tuhan.” ujar Yustisia mengakhiri dialognya. (DETAKKaltim.Com/LVL)

 

Riwayat Singkat Yustisia Dibrina

Nama                   : Yustisia Dibrina (Tissy)

Tanggal lahir      : 1 September 1980

Pekerjaan           : Enterpreneur

  1. Direktur CV. Maju Mapan Sentosa
  2. Direktur Umum PT. Polindo Bio Energi Pratama

Pendidikan         :

  • SD Negeri 030 Samarinda
  • SMP Katolik Samarinda 94
  • SMA Negeri 2 Samarinda 97
  • Diploma Bahasa Akademi Colorado, Samarinda 99

Organisasi   :

  • Ketua Bidang Kemitraan, Komunikasi, Hubungan Kelembagaan Pengurus Pusat, Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (APCASI)
  • Wakil Ketua Komite Tetap Bidang Eropa Tengah, Hubungan Internasional, KADIN PUSAT.
  • Wakil Ketua bidang Ekonomi Kreatif dan Ekonomi Digital DPD PDI Perjuangan Kaltim.
(Visited 132 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!