Jalan Makin Rusak, Anggota Fraksi PDIP Kaltim Sorot Aktivitas Angkutan Batubara

Agiel: Malah Makin Parah

0 144

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Belakangan ini, beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) marak menyoroti persoalan Tambang Batubara ilegal di Benua Etam.

Salah satunya datang dari anggota Panitia Khusus (Pansus) Investigasi Pertambangan (IP) Agiel Suwarno, yang juga merupakan anggota Komisi 2 DPRD Kaltim.

Agiel mengatakan, Perusahaan Tambang hingga saat ini tak kunjung bertanggung jawab atas rusaknya jalan umum, akibat dari aktivitas pengangkutan Batubara yang dilakukan.

“Sampai saat ini terlihat tidak ada tanggung jawab perusahaan, terbukti dengan kondisi jalan di tiap Desa yang dilewati dalam keadaan rusak parah,” ujar Agiel, Minggu (26/3/2023).

Bahkan ia mengakui, sempat bertanya kepada masyarakat terkait tanggung jawab perusahaan terhadap perbaikan jalan. Namun nihil, justru jalan yang telah disemenisasi turut hancur dan ditinggalkan begitu saja.

“Jawaban mereka tidak sama sekali, malah makin parah. Termasuk hancurnya jalan yang sudah disemenisasi,” ungkap Agiel yang terpilih dari Daerah Pemilihan Bontang, Kutai Timur, dan Berau.

Politisi PDI Perjuangan Kaltim itu menambahkan bahwa, Perusahaan Tambang ilegal secara realisasi operasional, memang tidak menerapkan Corparet Social Responsibility (CSR).

Baca Juga:

“Termasuk juga Program Pembangunan Masyarakat (PPM), sehingga dampaknya jelas negative.” tandas Agiel.

Beberapa waktu lalu, Pansus IP DPRD Kaltim saat melakukan Sidak menemukan aktivitas eksploitasi Batubara ilegal yang masuk dalam daftar 21 Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang disinyalir palsu di Desa Suko Mulyo, Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Lokasi penemuan yang masuk sebagai kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ini menarik perhatian Pansus IP, hingga melakukan penelusuran hingga masuk ke Jalan Gunung Tengkorak RT 01, Dusun 1. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!