Jaksa Agung Ingatkan Jaksa Jangan Asal Menuntut

Burhanuddin : Penuhi Rasa Keadilan Bagi Masyarakat

0 268
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin dalam kunjungannya ke Samarinda, Kalimantan Timur, berpesan kepada seluruh Jaksa  agar melakukan penegakan hukum dengan baik tanpa melukai rasa keadilan bagi masyarakat.

Karena itu dia mengingatkan agar para Jaksa jangan asal-asalan melakukan penuntutan. Menurutnya, rasa keadilan itu tidak ada di dalam KUHAP, tapi ada di dalam hati nurani para Jaksa.

“Ingat  itu, rasa keadilan tidak ada dalam KUHAP tapi ada dalam hati nurani kalian,” tegas Burhanuddin saat memberikan sambutannya pada kegiatan Ground Breaking di Kantor Kejati Kaltim, Jum’at (7/8/2020) pagi.

Terkait soal penuntutan tersebut, Burhanuddin mengaku sudah menerbitkan Peraturan Jaksa Agung agar dapat dilaksanakan oleh seluruh Jaksa. Aturan ini merupakan sebuah acuan bagi para Jaksa agar bagaimana melakukan penuntutan, sesuai rasa keadilan yang ada di masyarakat.

Ia tidak menghendaki para Jaksa melakukan penuntutan asal-asalan, tanpa melihat rasa keadilan.

“Saya tidak ingin melihat adanya pencari keadilan yang dilukai oleh kalian. Camkan itu,” tegas Burhanuddin lagi.

Pada kesempatan itu dia juga menegaskan agar ini dipatuhi oleh para Jaksa. Tidak boleh ada lagi orang yang dipidana hanya karena mencuri sebatang kayu.

Berita terkait : Jaksa Agung Tekan Tombol Ground Breaking Pembangunan Gedung Kejati Kaltim

“Ingat itu, Kalau ini sampai terjadi, maka kalian yang akan saya pidanakan,” tegasnya.

Selain ground breaking Gedung Kejaksaan Tinggi Kaltim, juga dilaksanakan untuk Kejaksaan Negeri Samarinda, dan pembangunan sarana dan prasarana pendukung Kejaksaan Negeri Penajam Paser Utara (PPU),

Kegiatan ini juga dihadiri Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Gubernnur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, Bupati PPU Abdul Gafur Masud, serta sejumlah pejabat lainnya dari Kodam VI/Mlw dan Polda Kaltim. (DK.Com)

Penulis : ib

Editor  : Lukman

Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.M

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!