Innalillahi, Status PDP Corona Warga Kutim Meninggal Dunia

1 56

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR :Innalillahi wa innailaihi rojiun, seorang pasien wanita berumur 59 tahun dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sekitar pukul 20:30 Wita dikabarkan telah meninggal dunia dalam perawatan di instalasi khusus COVID-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga Sangatta, Kamis (30/4/2020).

Duka ini disampaikan langsung Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim, Bahrani Hasanal kepada DETAKKaltim.Com melalui sambungan telepon.

“Benar, Almarhumah meninggal malam ini, sekitar Pukul 20.30 Wita. Saat ini tim pemulasaraan jenazah RSUD Kudungga tengah mempersiapkan segala sesuatu, sebab rencananya akan langsung dikuburkan malam ini juga. Termasuk penggalian kubur untuk almarhumah sedang dilakukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kabo Jaya,” ujar Bahrani saat dikonfirmasi.

Dijelaskan Bahrani bahwa almarhumah adalah pasien dengan status PDP asal Kecamatan Muara Wahau yang masuk ke RSUD Kudungga, Rabu (29/04/20) kemarin. Sejak datang, pasien langsung mendapatkan perawatan intensif dari tim instalasi khusus COVID-19, dikarenakan kesadarannya terus menurun karena mengidap penyakit comorbid HT atau penyakit penyerta hipertensi

“Saat dirujuk ke RSUD, pasien sudah dalam kondisi cukup lemah dan kesadarannya juga terus menurun. Dari riwayat kesehatannya, diketahui pasien mengidap penyakit hipertensi,” jelasnya.

Lebih lanjut Bahrani menjelaskan, dari hasil test Rapid, Almarhumah dinyatakan reaktif positif, namun hasil test swab belum keluar. Selain itu, almarhumah dinyatakan tidak termasuk klaster manapun. Sehingga kemungkinan besar terpapar Covid-19 karena transmisi lokal.

Meski demikian, sambung Bahrani, tim medis belum bisa memastikan apakah pasien tersebut terinveksi Covid-19 atau tidak menyusul belum sempat dilakukan pemeriksaan swab.

“Hasil test swab belum keluar, jadi belum bisa dipastikan positif covid-19, apalagi pasien ini tidak masuk Klaster manapun,” tutupnya. (DK.Com)

Penulis: RH

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!