Hujan Deras Disertai Angin Kencang Tumbangkan Pohon di Jalan Remaja

Abdurahman : Pohon Tumbang ke Badan Jalan

0 92
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Curah hujan tinggi beserta angin kencang yang melanda kawasan Kota Samarinda, menyebabkan pohon tumbang di Jalan Mayor Jendral Sutoyo Ex Jalan Remaja, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Senin (23/11/2020) sore.

Abdurahman selaku Kepala Seksi (Kasi) Evakuasi Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda menjelaskan, diketahui pohon tumbang disebabkan karena posisi pohon yang berada dekat parit yang menyebabkan cengkraman akar ke tanah menjadi kurang.

Hujan deras dan angin kencang juga salah satu faktor utama yang menyebabkan pohon tersebut tumbang, pihaknya langsung berkoordinasi dengan PLN mengamankan aliran listrik untuk menghindari korsleting. Ia juga menyebutkan bahwa dalam evakuasi mendapat kendala, yaitu adanya kabel listrik yang menyangkut di pohon.

“Posisi pohon di dekat Parit jadi kemungkinan cengkraman akar tidak begitu kuat, sehingga pohon tumbang ke badan jalan,” ucap Abdurahman kepada DETAKKaltim.Com.

Sebenarnya Pohon ini belum tua, kata Abdurahman lebih lanjut, tetapi karena posisi tanah yang lemah jadi menyebabkan pohon tersebut tumbang.

“Kendala yang harus kami hadapi adalah saat evakuasi kami harus berhati-hati dengan posisi kabel yang tersangkut di pohon, untuk itu kami berkoordinasi dengan PLN untuk mengamankan aliran listrik untuk menghindari korsleting. Selain itu dari pihak PLN juga meminta untuk dipotong sekalian pohon yang berada sebelahnya,” imbuhnya.

Baca juga : Pekerja Tambang Aniaya PSK Kopi Pangku Usai Bercinta

Akibat adanya pohon tumbang tersebut, terjadi kemacetan lalu lintas di Jalan Mayor Jendral Sutoyo Ex Jalan Remaja menuju ke Jalan Cendrawasih dan arah sebaliknya. Diterimanya informasi pohon tumbang pada Pukul 15:40 Wita, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Samarinda langsung mengerahkan anggotanya menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi.

“Setelah kami menerima laporan adanya pohon tumbang, kami langsung bergegas ke lokasi untuk mengevakuasi secepat mungkin agar lalu lintas tidak terhambat lagi,” tandas Abdurahman.

Dinas pemadam kebakaran Kota Samarinda yang dibantu oleh sejumlah relawan langsung mengerahkan anggotanya, untuk memotong pohon tumbang tersebut dengan 2 unit mesin pemotong kayu. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!