Habiskan Milyaran, Pembangunan IPA Belum Beoperasi Maksimal

0 159

DETAKKaltim.Com, PPU : Untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di kelurahan Sotek Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum Bidang Cipta Karya telah membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan menggunakan dana APBD provinsi tahun 2015 dengan nilai Rp2.195.838.000,-.

Embung yang dibangun sebagai sumber air baku. (foto:Amran)
Embung yang dibangun sebagai Sumber Air Baku. (foto:Amran)

Menurut Suprih, Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum PPU, selain pembangunan IPA tersebut juga ada pembangunan Embung sebagai Sumber Air Baku yang menggunakan APBD PPU tahun 2016 dengan nilai Rp1.543.937.000,- belum termasuk pajak sebagai pembayaran  pembebasan lahan warga.

“Tahap pertama Rp789 juta, sisanya dianggarkan di APBD Perubahan,” kata Suprih.

Hanya saja, pembangunan IPA untuk pengolahan air baku menjadi air bersih dan Lahan Embung sebagai Sumber Air Baku yang menelan anggara milyaran tersebut sampai saat ini belum beroperasi secara maksimal.

Meski diakui jika perusahaan melakukan proses penyambungan secara bertahap, namun senada dengan warganya Ketua RT 14 Musdin Pandi tetap mengeluhkan lambatnya pemasangan tersebut.

“Proses sambungan rumah, khusus warganya mungkin tahun depan baru ada sambungan,” beber Musdin dengan nada kecewa. (Amran)

 

(Visited 16 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!