Gubernur Ungkap APBD Kaltim Bisa Tembus Rp20 Trilyun

Isran : Dengan Total APBDP 2023 Diprediksi Bisa Mencapai Rp20 Trilyun

0 150

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Agendakan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-66 Provinsi Kaltim, bertema “Kaltim Berdaulat, Menuju Indonesia Sejahtera”, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim gelar Rapat Paripurna (Rapur) Ke-2, di Gedung Utama B Kantor DPRD Kaltim, Samarinda, Kamis (5/1/2023).

Untuk mensukseskan HUT Ke-66 yang dimeriahkan dengan gelaran Pekan Raya Kaltim (PRK) 2023 selama sepekan, mulai dari 9-14 Januari di Gelora Kadrie Oening, Gubernur Provinsi Kaltim Isran Noor himbau seluruh masyarakat turut serta menghadiri dan meramaikan.

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, ucapan syukur atas usia Benua Etam yang terus bertambah turut terlontar dari mantan Bupati Kutai Timur ini. Terlebih dengan banyaknya kemajuan dan prestasi membanggakan yang telah dicapai.

“Kita telah mampu bertahan di masa pandemi Covid-19 selama tahun 2022. Kita juga berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 77,44 atau naik 0,56 poin dibanding IPM 2021 sebesar 76.88 atau berada di peringkat Ketiga nasional,” urainya kepada seluruh pemangku kepentingan serta awak media, saat menyampaikan sambutan.

Baca Juga :

Provinsi Kaltim, lanjut Isran, juga telah mampu menekan inflasi dan menaikkan pertumbuhan ekonomi hingga 3,11 persen. Kemudian meningkatkan ekspor dan investasi, hingga menaikkan penghasilan daerah dari Pajak Kendaraan Bermotor.

“Sehingga APBD Kaltim pada tahun 2023 mencapai angka fantastis Rp17,2 Trilyun, dan dengan total APBDP 2023 diprediksi bisa mencapai Rp20 Trilyun. Sekaligus kita bersama-sama mendukung terwujudnya visi RPJMD 2018-2023, yakni Berani untuk Kaltim Berdaulat,” paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud mengucapkan selamat atas bertambahnya usia Kaltim, yang kini telah menginjak angka Ke-66.

Politisi Golkar ini berharap, Kaltim dapat mempertahankan segudang prestasi yang telah dicapai, terutama anggaran fenomenal Kaltim yang berhasil mencapai Rp17,2 Trilyun.

“Kemudian indeks human development kita juga sudah bagus di urutan Ke-7. Terus ekspor tertinggi setelah Jawa Barat, kita nomor 2, itu adalah prestasi menurut saya,” bebernya.

Terlepas daripada hal itu, berbicara terkait catatan kepada Kaltim yang perlu diperbaiki, ia mengakui bahwa Sektor Pendidikan, Kesehatan, hingga infrastruktur perlu diberikan perhatian serius.

“Harus kita perhatikan, harapannya di tahun berikutnya dapat terus meningkat.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor   : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!