Ely, Legislator Kaltim Gelar Sosper Ketahanan Keluarga di Kota Bangun

Ely : Ketahanan Keluarga Harus Dibina

0 65

DETAKKaltim.Com, KOTA BANGUN : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ely Hartati Rasyid melaksanakan Sosialisasi Perda (Sosper) Nomor 2 tahun 2022, tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan keluarga di Desa SP 3, Kota Bangun, Kutai Kartanegara, Jum’at (10/6/2022).

Dalam Sosper, politisi dari Fraksi PDI Perjuangan itu menghadirkan 2 narasumber sekaligus, yakni Johansyah dan Muhammad Yuhdi.

Dalam paparannya, Ely Hartati Rasyid menyampaikan bahwa sebagai unit sosial terkecil di masyarakat, ketahanan keluarga harus dibina dan dikembangkan.

Sebab, kata dia, di dalam ketahanan keluarga ada fungsi sosial budaya. Hal ini tidak lain sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur, sesuai cita-cita luhur dan jati diri Bangsa Indonesia.

“Dalam ketahanan agama misalnya, itu dimulai dari keluarga dulu. Di dalamnya ada fungsi sosial budaya dalam menangkal terorisme, radikalisme. Ada ketahanan ekonomi, juga pendidikan,” ungkap Ely dalam rilisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Senin (13/6/2022).

Baca Juga :

Dia menjabarkan, Perda ini lahir dengan mengadopsi peraturan yang telah berjalan efektif di daerah lain. Seperti Jawa Barat, dan NTT.

Ely yang berasal dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara mencontohkan, di Jawa Barat, ketika Perda ketahanan keluarga berjalan maksimal. Angka perceraian menurun drastis, karena di dalam ketahanan keluarga ini membentuk Moteka atau motivator keluarga.

Namun demikian, Perda ketahanan keluarga di Kalimantan Timur belum ada Peraturan Gubernur (Pergub) yang memuat petunjuk teknis dalam implementasi pelaksanaan Perda.

“Nanti kalau sudah ada Pergubnya saya berharap ada turunan dalam pelaksanaannya. Kalau di Jabar itu ada sampai petunjuk teknis, jadi di dalam keluarga itu harus ngapain. Bukan maksud untuk intervensi, tapi supaya ada kedekatan dalam keluarga.” terangnya menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!