Eliminasi Virus Covid-19, ITS Bersama PMI Adakan Penyemprotan Disinfektan

0 108

DETAKkaltim.Com, SAMARINDA : Relawan Kota Samarinda yang tergabung di Info Taruna Samarinda (ITS) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Samarinda dan RS Dirgahayu, melakukan penyemprotan di beberapa titik di Kota Tepian, Kamis (19/3/2020).

Dari pemantauan awak media, ada sekitar 8 titik yang dilakukan sosialisasi serta penyemprotan desinfektan terutama kantor atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memberikan pelayanan publik, hal ini dijelaskan Ketua ITS Joko Siswanto.

“Hari ini, kami melakukan penyemprotan di Kantor Satpol PP Kota Samarinda, Kantor Kelurahan Bugis, Kantor Dinas Sosial Kota Samarinda, Kantor Inspektorat, Kantor KONI Kota dan Provinsi. kemudian Kantor Dispora Kota Samarinda, Kantor Dinas Pehubungan Kota Samarinda, serta Posko Disdamkar Kota Samarinda,” kata Joko.

Penyemprotan desinfektan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk untuk mengeliminasi Virus Covid – 19, agar penyebaran Virus Covid – 19 tidak menyebar luas ke tempat – tempat umum.

“Kami sudah membuat jadwal, hingga seminggu ke depan. Karena kita keterbatasan Sumber Daya Manusia, sehingga kami tidak bisa sehari selesai. Tetapi bertahap, sampai kapanpun akan kita selesaikan,” ujar Joko.

Joko juga mengimbau agar sebisa mungkin seluruh pusat pelayanan publik untuk menyediakan hand sanitizer dan cuci tangan menggunakan air bersih dan Sabun.

“Kalau untuk penyediaan di tempat-tempat umum dan seluruh OPD mereka menyediakan secara mandiri, kami tidak menyediakan untuk seluruh OPD,” terangnya.

Tak hanya ITS, PMI dan Pihak Rumah Sakit Dirgahayu yang mengikuti kegiatan penyuluhan dan penyemprotan desinfektan ini. Di samping itu kegiatan ini  merupakan kerja sama relawan, di antaranya Busam Peduli Bencana, PM Noor City, Samarinda Animal Rescue, Shibara 1303, dengan total berjumlah 15 personil yang menggunakan 5 alat penyemprot.

“Kegiatan ini dipantau langsung oleh Bapak Wali Kota Haji Syahaari Jaang. Semoga saja dengan kegiatan ini tidak ada lagi warga Samarinda yang positiv terjangkit Covid – 19,” harap Joko. (DK.com).

Penulis : Mashardiansyah

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!