Dukung Smart City, E-Finance Permudah Kerja BPKAD

0 260

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Dalam rangka mendukung program Smart City sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Bontang, aplikasi e-Finance sudah diterapkan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bontang. Hal itu tentu sangat menunjang kinerja BPKAD Bontang.

Seperti yang diutarakan oleh Kepala BPKAD Bontang Amiluddin, kehadiran aplikasi E-Finance sangat menunjang kinerjanya. Mengingat semua proses transaksi keuangan di setiap perangkat daerah

“E-Finance, dapat merekam semua proses transaksi keuangan di semua perangkat daerah,” ujarnya saat ditemui belum lama ini.

Saat melakukan transaksi, lanjut Amiluddin, perlu membuat laporan manual dalam bentuk lembaran hard copy. Kehadiran aplikasi ini sebagai bentuk realisasi visi Smart City yang mempermudah pekerjaan PNS di Bontang.

“Jadi pada saat mereka melakukan input data dan disahkan oleh pejabat yang berwenang di tiap OPD, sudah dapat direkapitulasi serta diakses BPKAD,” imbuhnya.

Berbicara jaminan keamanan atau security data, Amiluddin menyebut bahwa Diskominfo Bontang sudah berupaya melakukan keamanan data melalui pembentukan CSIRT. Sebab, aplikasi merupakan sistem buatan yang bertujuan mempermudah penggunanya.

Sehingga gangguan server pada saat proses peng-upload-an datapun masih ditemui. Meski pihaknya sudah memiliki bagian IT sebagai security khusus menangani hal ini.

“Aplikasi E-Finance mengikuti tuntutan zaman karena akutansi itu berbasis akrual. Artinya, pada saat melakukan transaksi, ada pencatatan yang harus segera dilakukan,” ungkapnya.

Saat ini yang masih diintegrasikan itu ialah sistem aplikasi untuk Aset. Setiap bulan, para user E-Finance pun rutin melakukan pertemuan terkait rekonsiliasi belanja, dan setiap triwulan dilakukan rekonsiliasi Barang Milik Daerah (BMD) dan Persediaan. Di samping itu agar para user semakin mumpuni mengoperasikan aplikasi buatan PT Solusi Teknologi Informasi yang berasal dari Jakarta itu.

“Kami berharap agar peng-input data (user) harus lebih berhati-hati agar tidak ada kekeliruan. Dikarenakan yang diinput merupakan kombinasi angka-angka,” tutupnya. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 21 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!