DPRD Minta Pemprov Kaltim Transparan Seleksi Pejabat Perusda

Listiyono : Kita Menginginkan Perusda Itu Lebih Profitable

0 93

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim saat ini sedang melangsungkan proses seleksi pejabat Badan Pengawas, Komisaris, dan Direksi di sejumlah Perusahaan Daerah (Perusda).

Proses seleksi ini dilakukan tanpa melibatkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim. Padahal dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang dilangsungkan beberapa waktu lalu, legislatif di Karang Paci telah meminta Pemprov Kaltim agar diberikan peran dalam proses seleksi Direksi Perusda. Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi 2 DPRD Kaltim Nidya Listiyono, ketika dikonfirmasi media ini, Selasa (9/3/2021) siang.

Disampaikannya, bahwa pihaknya telah bersurat kepada Biro Ekonomi Pemprov Kaltim. Terkait informasi soal proses seleksi Direksi Perusda. Namun hingga saat ini, belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai rekrutmen Direksi.

“Tapi kan hari ini sudah banyak beredar terkait syarat-syaratnya. Kita mendorong siapapun yang memiliki latar belakang bisnis, bisa masuk untuk masuk seleksi melakukan pendaftaran. Karena banyak syaratnya,” ucap Tiyo sapaan karibnya kepada awak media.

Politisi dari Fraksi Golkar ini juga menambahkan syarat-syarat yang disertakan untuk proses rekrutmen sudah cukup bagus. Begitu juga dengan daftar calon jajaran Direksi. Tiyo mengatakan, nama-nama tersebut artinya memiliki kapasitas dan integritas yang mumpuni. Sehingga diharapkan Direksi Perusda bisa diisi oleh orang yang tepat dari hasil penjaringan.

Baca juga : Ditabrak Tongkang Batubara, Nilai Kerusakan Jembatan Dondang Ditaksir Lebih Rp1 M

Kendati demikian, ia menekankan bahwa DPRD Kaltim tetap akan terus memantau proses rekrutmen. Tiyo mengatakan, Komisi 2 tidak mesti dilibatkan dalam fit and proper test seleksi, sebab tidak ada ketentuan yang mengatur hal tersebut. Akan tetapi, setidaknya rekrutmen harus transparan dan dewanpun turut diberikan informasi mengenai prosesnya.

Dengan demikian, DPRD Kaltimpun juga bisa menelusuri rekam jejak calon yang telah mendaftar sebagai Direksi Perusda, serta memberikan pertimbangannya.

“Kira-kira seperti itu, jangan sampai nanti ada isu lagi calon yang residivis malah menjadi pesakitan dan terpilih lagi. Kita menginginkan Perusda itu lebih profitable,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Az

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!