DPRD Kaltim Minta Pemprov Fokus Bangun Jalan Pertanian

Safuad : Petani Butuh Bantuan Pupuk Bersubsid dan Alat Pertanian

0 51

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Pemprov Kaltim diminta fokus mengerjakan akses jalan bagi pertanian di Kaltim.  Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi 2 DPRD Kaltim Safuad kepada wartawan di Samarinda, Rabu (24/2/2021).

Safuad mengatakan, kondisi jalan pertanian masyarakat di Kaltim saat ini masih memprihatinkan.

“Karena itu butuh perbaikan pada jalan-jalan usaha tani, jalan produksi, maupun jalan lingkungan dan poros Desa serta saluran irigasi sebagai dukungan konkrit terhadap pertanian dalam arti luas,” ungkapnya.

Hal tersebut, lanjutnya, tentunya dapat memudahkan petani untuk mengangkut dan memasarkan hasil pertanian maupun produksinya.

“Sebab hingga saat ini masih banyak jalan pertanian di Kaltim yang perlu dilakukan perbaikan,” tegasnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku sering tinjau ke lapangan, dan menerima keluhan tersebut di daerah pemilihannya yakni Kutai Timur, Bontang, dan Berau.

“Salah satu kendala yang sering dihadapi petani di Kaltim adalah jalan-jalan usaha tani yang rusak, tidak ada batu atau aspalnya,” tegasnya.

Karena kondisi tersebut, kondisi jalan-jalan petani masih dianggap jauh dari kata layak, sehingga petani sulit mengangkut hasil dari produksi tani untuk dipasarkan.

Baca juga : Lagi, Anggota DPRD Kaltim “Kebanjiran” Usulan Saat Gelar Reses di Bayur

“Padahal jalan-jalan tersebut merupakan akses penting untuk mengangkut hasil pertanian, dan ini perlu menjadi perhatian yang lebih dari pemerintah,” ucapnya.

Perhatian lain terhadap pertanian adalah dengan memberikan bantuan bibit tanaman yang sulit diperoleh.  Begitu juga dengan bantuan alat-alat pertanian dan pengadaan handtractor.

“Juga kemudahan untuk mendapatkan Pupuk Bersubsidi dan penambahan pembangunan Lumbung Padi, yang tidak seimbang dengan produksi,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Zaki

Editor   : Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!