DPRD Balikpapan Gelar RDP dengan Pertamina dan Format

Bahas Progres Pembangunan Pipa Gas Pertamina

0 15

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan membahas progres pembangunan Pipa Gas Pertamina, bersama Forum Masyarakat untuk Transparansi (Format) dan Pertamina, Senin (27/2/2023).

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) tersebut, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh hadir yang didampingi anggota Komisi 3.

Adapun dari pihak Pertamina dihadiri Fitri Erika, dan Tim pengawas PGN Solution.

Dalam RDP belum ditemukan titik temu, pasalnya beberapa hal yang disampaikan terkait Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) belum sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Maka pihak Pertamina akan mengundang kembali untuk diskusi lebih jauh, rencananya diagendakan minggu depan. Untuk membedah masalah Amdal tersebut, sudah sesuai belum,” kata Abdulloh.

Terkait penyetopan pengerjaannya, politisi senior Partai Golkar Balikpapan ini mengatakan hal itu bukan ranah DPRD, melainkan ada pada teknis. Abdulloh katakan, keputusan tadi karena ini sudah berjalan, maka pengerjaan dibiarkan tetap berjalan.

“Kalau nanti tidak ada solusi pada pertemuan minggu depan, maka keputusannya minggu depan, yang diinisiasi oleh Pertamina bukan DPRD,” imbuhnya.

Baca Juga:

Sementara itu, perwakilan Pertamina Group Fitri Erika mengucapkan terima kasih kepada DPRD Balikpapan yang memfasilitasi terkait dengan pekerjaan yang sedang dikelola di Balikpapan.

“Dalam diskusi, kita mamaparkan perihal perizinan dan mengenai koordinasi dan sosialisasi,” kata Erika.

Dari pertemuan ini, pihaknya akan berdiskusi kembali terkait dengan kelengkapan maupun perihal pembangunan pipa yang melewati Kecamatan Balikpapan Utara dan Tengah.

“Diharapkan pertemuan ini bisa lebih bersinergi. Apalagi selama ini kami selalu di-support Pemerintah Daerah sebelum kegiatan pembangunan,” imbuh Fitri.

Sementara untuk izin Amdalnya, lanjut Fitri, pihak Pertamina sendiri sudah memenuhi persyaratan dengan lengkap, sehingga instansi yang berwenang mengeluarkan izin. (DETAKKaltim.Com/Adv.)

Penulis: Jamil/Roni

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!