Diikuti 512 Peserta, Disnakertrans Kaltim Gelar Pelatihan dan Pemagangan

13 Jenis Kejuruan Disediakan

0 214

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyelenggarakan Pelatihan dan Pemagangan Dalam Negeri melalui Program Pendidikan dan Vokasi Tahun 2021.

Pembukaan Kegiatan Pelatihan dan Pemagangan Dalam Negeri tersebut dilaksanakan di Hotel Midtown, Samarinda, Selasa (25/5/2021) oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

Dalam laporannya, panitia kegiatan menyampaikan Kegiatan Pelatihan dan Pemagangan Dalam Negeri ini diikuti 512 orang. Tujuannya untuk memberikan bekal keterampilan kepada peserta pelatihan melalui kerja nyata di perusahaan, sehingga para peserta dapat terlibat langsung proses produksi dan jasa di tempat kerja.

“Diharapkan pada akhir program mereka sudah memiliki kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh pengguna tenaga kerja, dan selanjutnya peserta nanti dapat ditempatkan sesuai kompetensinya masing-masing,” jelas Kepala Disnakertrans Suroto.

Anggaran kegiatan ini dijelaskan bersumber dari Dana Dekonsentrasi APBN dan dana APBD Kaltim tahun 2021, untuk 48 paket dengan rincian Samarinda dan Balikpapan memperoleh 15 paket, Bontang 8 paket, Penajam Paser Utara dan Penajam masing-masing 1 paket. Sedangkan Kabupaten lainnya masih dalam evaluasi.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 tahapan, tahap pertama selama 20 hari dapat dilaksanakan di industri maupun di Lembaga Pelatihan Kerja. Dan kedua di tempat pelatihan kerja atau pemagangan industri selama 4 bulan.

Jenis kejuruan yang dimagangkan masing-masing Kejuruan Administrasi Kantor, Automotif Roda 2 dan 4, Desain Grafis, Listrik, Kecantikan Rambut, Engineering, Cook Helper, Tata Busana, Teknisi Handphone, Mekanik Alat Berat, Teknik Pendingin (AC), dan Perhotelan.

Baca juga : DPRD Kaltim Minta Disnakertrans Sediakan Program Prioritas

“Pelatihan akan dimulai dari awal bulan Juni dan akan berakhir pada awal bulan November 2021, dengan target 80 persen dari peserta dapat diterima menjadi pegawai tetap di tempatnya Pemagangan,” kata Kepala Disnakertrans Suroto.

Lebih lanjut disampaikan, diharapkan dengan terciptanya tenaga terampil yang sudah dilatih dan dimagangkan dapat juga menunjang ke depan Kaltim dalam menyonsong sebagai Ibu Kota Negara. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 37 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!