Dishut Terus Lakukan Sosialisasi Untuk Mencegah Karhutla

Akli : 19 KPH dan 1 Tahura Yang Selalu Siap Siaga

0 137
DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Perlindungan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, terus melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat sekitar kawasan. Hal tersebut dilakukan untuk pencegahan dini adanya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Timur.

Kepala Bidang Perlindungan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim Akli mengatakan, kegiatan patroli dan sosialisasi rutin dilakukan oleh tim dari Dishut dan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPTD KPH) yang berada di wilayah Kalimantan Timur. Meski saat ini Kalimantan Timur mengalami musim panca roba dengan perkiraan hujan masih terjadi hingga Februari 2021, namun pihaknya tetap bekerja eksta agar kebakaran hutan tiap tahunnya mengalami penurunan.

“Kondisi Kaltim saat ini masih hujan, dari data BMKG kita mengalami musim panca roba, hujan diperkirakan akan terjadi hingga Februari 2021, meski begitu kita tetap waspada dan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tentang bahaya dan sanksi untuk bagi mereka yang membakar hutan,” ujar Kepala Bidang Perlindungan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim Akli saat ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Akli menambahkan, di Kalimantan Timur terdapat 20 Kesatuan Pengelola Hutan (KPH), satuan ini tersebar  di kabupaten/kota di seluruh Kalimantan Timur, dan mereka selalu siap siaga untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran di wilayahnya masing-masing.

” 19 KPH dan 1 Tahura yang selalu siap siaga dan bergerak cepat jika terjadi kebakaran hutan,” jelas Akli lebih lanjut.

Berita terkait : Siaga Karhutla, Dishut Terus Pantau hotspot dari Satelite

Sebelumnya Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengingatkan pentingnya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), karena sudah menjadi bencana musiman di sejumlah wilayah di Indonesia salah satunya yakni di Kalimantan Timur.

“Karhutla menjadi perhatian serius. Bahkan sudah ada Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2020 terkait pencegahan dan penanggulangan karhutla,” kata Isran Noor saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Antisipasi dan Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Balikpapan beberapa waktu lalu. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!