Dilantik, Seno Aji Jabat Wakil Ketua DPRD Kaltim

Ketua DPRD Yakin Mampu Mengemban Amanah

0 154

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji. (foto : adt)

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Seno Aji resmi menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kaltim pada Rapat Paripurna Ke-8 yang berlangsung di Gedung D lantai 6, Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Selasa (30/03/2021).

Agenda Pengucapan Sumpah dan Janji Wakil Ketua DPRD Kaltim sisa Jabatan Tahun 2019-2024 ini, dipimpin langsung Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. Seno Aji menggantikan Andi Harun, yang sebelumnya telah mengundurkan diri.

Usai memimpin Rapat Paripurna, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK menyampaikan, Seno mampu bekerja sama, baik dengan unsur pimpinan maupun anggota dewan dengan prinsip kolektif kolegial. Makmur optimis Seno yang baru dilantik mampu mengemban amanah tersebut dengan baik.

“Saya yakin karena Pak Seno juga masih muda dan energik. Yang diutamakan bagaimana produk dari DPRD ini merupakan bagian yang tidak terlepaskan dari 55 anggota lain, termasuk pimpinan lain,” ungkapnya kepada DETAKKaltim.Com.

Mantan Bupati Berau ini menambahkan, ia yang juga koordinator unsur pimpinan berbagi tugas dengan Wakil Ketua DPRD Kaltim yang lain. Seperti menangani Badan-Badan dan Komisi-Komisi yang ada di DPRD Kaltim sendiri. Untuk Seno, Makmur memaparkan tugasnya menangani Badan Kehormatan (BK).

“Memang beliau sudah tidak lagi menjabat Ketua BK, karena sudah ada gantinya. Tapi sebagai Wakil Ketua ia tetap menangani,” jelas Makmur.

Andi Harun yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Samarinda turut hadir pada pelantikan rekannya di Partai Gerindra tersebut. Dalam kesempatan itu, ia mengaku memiliki pengalaman yang tidak terlupakan ketika menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kaltim kali ini.

Sebab selama lebih 4 periode menduduki kursi legislator di Karang Paci, telah menyisakan pengalaman yang tak ternilai bagi dirinya. Meskipun begitu ia berharap Seno Aji dapat bekerja maksimal di posisi Wakil Ketua DPRD yang sebelumnya dijabatnya.

Salah satunya ia berharap agar Seno Aji dapat memberikan kontribusi dalam membangun, dan meningkatkan kesejahteraan di Kaltim.

“Harapan saya kepada Wakil Ketua DPRD Kaltim yang menggantikan saya dari Fraksi Partai Gerindra untuk terus setia dengan rakyat, jangan pernah khianati perjuangan rakyat,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa ia siap untuk menerima masukan dan kritikan dari Seno Aji. Perihal peningkatan pembangunan di Kota Samarinda, meskipun dari segi struktur organisasi Seno Aji berada di bawahnya.

Seno Aji ketika dikonfirmasi usai pelantikannya langsung menjawab pernyataan dari Andi Harun, dia mengaku siap untuk memberikan masukan maupun kritiknya.

Menurutnya, salah satu permasalahan yang harus diselesaikan Wali Kota Samarinda ini adalah masalah banjir. Ia mengaku beberapa waktu lalu sudah berdiskusi apa saja yang harus dibenahi bersama Ketua DPD Gerindra Kaltim tersebut.

Salah satunya dalam mengatasi permasalahan banjir di Kota Tepian. Untuk itu iapun memanggil Dinas PUPR Kota dan Kaltim, untuk membahas penanganan permasalahan banjir di Samarinda.

“Yang jelas sesuai visi dan misi beliau, masalah banjir menjadi masalah utama saat ini. Beliau memprioritaskan hal tersebut. Senin besok kita panggil tim PUPR Kota dan provinsi untuk membahas permasalahan banjir. Dan itu sudah diskusi dengan Pak Wali Kota dan telah disetujui,” kata Seno.

Lanjut Seno, tantangan ke depan yang dihadapi oleh legislator di Karang Paci tentunya lebih berat. Ia berjanji sebagai Wakil Ketua DPRD yang baru dilantik, akan memegang sumpah jabatan yang telah diucapnya saat prosesi pelantikan.

Ditanyai soal tugas khusus dari partai politik yang menaunginya, Seno menyebut ada beberapa aspek yang perlu digaungkan di DPRD Kaltim. Terutama terkait pemberdayaan UMKM, serta kelanjutan pembangunan infrastruktur di Kaltim. Salah satu langka awalnya adalah melakukan pembenahan di Samarinda.

“Tentunya harus ditata lebih rapi. Kemudian melakukan kerja sama dengan Dinas Sosial dan Dinas Perdagangan untuk membesarkan UMKM di Kaltim. Itu yang sekarang kami coba dorong agar Pemprov mendata UMKM yang ada,” ucap Sekretaris DPD Partai Gerindra Kaltim tersebut.

Ditambahkan Seno, bahwa ia siap menerima kritik dan saran yang disampaikan masyarakat lewat penyerapan aspirasi.  Sejauh itu masih untuk pembangunan dan perbaikan, serta kesejahtraan masyarakat.

“Tentu saja saya siap karena fungsi dan jabatan tetap melakukan itu, saya sebagai Sekretaris DPD Partai Gerindra di bawah Pak Wali sebagai Ketua DPD, namun kritik dan saran tetap kami sampaikan sejauh itu hal untuk perbaikan Samarinda,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, sesuai dengan visi misi Wali Kota Samarinda terpilih, bahwa penanganan dan masalah banjir dan sampah yang selalu menghantui warga Samarinda, sudah menjadi prioritas utama yang  sudah diskusikan dan dilakukan dalam penanganan banjir di Samarinda.

“Senin kita akan undang Tim PUPR Kota dan tim PUPR Provinsi untuk bersama-sama menyelesaikan penaggulangan banjir di Kota Samarinda,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : adt

Editor  : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!