Dilantik Sebagai Ketua DPC AAI Kaltim, Dr Esti Bertekad Ciptakan Inovasi

Esti : Berdasarkan Skill Para Advokat di Kaltim

0 360
Dr. Esti Royani, SH, SPd, MH, CPS, Ketua DPC AAI Kaltim. (foto : Exclusive)
Dr. Esti Royani, SH, SPd, MH, CPS, Ketua DPC AAI Kaltim. (foto : Exclusive)

DETAKKaltim.Com, JAKARTA : Dr Esti Royani SH SPd MH CPS dilantik menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Kalimantan Timur (Kaltim), masa bhakti 2022-2027. Pelantikan itu bersamaan dengan pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AAI, di Jakarta, Minggu (11/9/2022).

Usai dilantik, Esti menyampaikan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan sebagai Ketua DPC AAI Kaltim, oleh Ketua Umum DPP AAI Ranto Simanjuntak SH MH.

“Alhamdulillah saya menyandang amanah yang sangat penting ini oleh Ketum kami, Pak Ranto Simanjuntak SH MH,” kata Esti.

Esti mengaku diamanahkan Ketua AAI Kaltim untuk mengumpulkan para Advokat agar bisa berinovasi. Atas kepercayaan tersebut, iapun merencanakan selain beracara di Pengadilan Advokat sekarang harus berpikiran maju dengan melakukan inovasi. Yaitu dengan membuat sebuah hasil karya, berupa sebuah buku tentang hukum.

“Setiap Advokat nantinya akan diarahkan untuk membuat sebuah buku, dan melalui buku ini nantinya mereka bisa mengidentifikasikan semua permasalahan yang ada di lapangan,” jelas Esti.

Esti yang tercatat sebagai Dosen di Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Samarinda mencotohkan, seorang Advokat yang ahli di Bidang Politik, di Bidang Hukum Jual Beli, atau Pidana. Dari karya mereka lewat buku-buku tersebut, kita bisa mengetahui secara spesifik kalau Advokat ini bidang skill-nya dan fokusnya.

“Oleh karenanya jika nanti ada kasus. Saya bisa mengarahkan bahwa yang ini cocoknya oleh Advokat yang seperti ini,“ jelas Esti.

Untuk AAI di Kaltim ke depan, lanjut Esti, ia akan membuat beberapa rencana setelah melalui konfirmasi dengan AAI Pusat terlebih dahulu. Pertama, ia akan membuat karya melalui sebuah buku dalam Bidang Hukum berdasarkan skill para Advokat di Kaltim.

Baca Juga :

Kedua, akan melakukan seminar internasional melalui webinar-webinar bekerja sama dengan para Advokat-Advokat di beberapa negara. Seperti India, yang membahas tentang Hukum Pidana di Indonesia dan India.

Selain itu juga akan melakukan pelatihan-pelatihan untuk generasi anak bangsa, yaitu mengolah mereka menjadi seorang Advokat yang tidak berpikiran sempit. Tetapi Advokat yang harus bisa melakukan gebrakan-gebrakan dan inovasi yang menunjang, untuk nusa dan bangsa.

Esti berharap ke depannya AAI akan terkenal dimanapun, bukan hanya di Indonesia tetapi di semua negara. Oleh karena itu Advokat harus siap sedia, apapun permasalahan yang ada, apapun kasus yang dihadapi. Advokat harus siap untuk bisa mencari solusi untuk itu.

“Selain itu juga menjadi Advokat yang memiliki integritas yang tinggi, dan bisa memajukan nusa dan bangsa.“ tandas Esti yang telah menulis sejumlah buku tentang hukum.

Hadir pada kegiatan tersebut di antaranya Ketua DPP AAI, Ketua DPC AAI, Ketua Dewan AAI, Ketua Dewan Penasehat AAI, dan para Advokat yang tergabung AAI serta sejumlah tamu undangan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!