Diharapkan Topang Ekonomi, 188 dari 193 Desa di Kukar Miliki BUMDes

Hendra : Bisa Mengentaskan Kemiskinan Masyarakat

0 55

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Hendra Madan, Kasi Pelembagaan dan Pengembangan BUMDes Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengatakan, dari 193 Desa di Kukar masih ada 5 Desa yang belum memiliki BUMDes.

“Di Kukar ada 188 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dari 193 Desa, sehingga masih ada 5 Desa yang belum mendirikan BUMDes,” kata Hendra kepada DETAKKaltim.Com saat ditemui di ruangannya, Selasa 7/9/2021.

5 Desa tersebut adalah Desa Bunga Putih, Kecamatan Muara Kaman, Desa Muara Beliau, Desa Muara Tubuq, Desa Umak Tukung, dan Desa Long Lalang, Kecamatan Tabang.

Hendra berharap kelima Desa tersebut bisa secepatnya membentuk BUMDes, karena keberadaan BUMDes nantinya mampu untuk men-support peningkatan ekonomi Desa karena BUMDes sebagai penggerak ekonomi Desa.

Menurutnya, dari sekian banyak BUMDes yang ada, mereka tidak menentukan unit unggulan berdasarkan potensi di Desanya. Bahkan memiliki beberapa sektor sehingga daya dukungnya berkurang. Akhirnya BUMDes tidak berjalan sesuai harapan.

“Pihaknya akan asesmen dengan Desa-Desa untuk menentukan unit unggulan, sesuai potensi yang ada di Desa,” ungkap Hendra.

Baca Juga :

Lebih lanjut Hendra mengatakan, di beberapa Desa perlu penguatan manajemen dan pola-pola ekspansi dengan kerjasama BUMDes antar Desa, untuk bersama memberikan solusi berkaitan dengan padat modal.

Di sisi lain, BUMDes juga dapat menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Mengenai hal ini, pihaknya akan terus menggalakkan supaya aktif dan berjalan sehingga dapat menopang ekonomi Desa.

“Keberadaan BUMDes juga mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia, dan Kelembagaan Perangkat Desa serta bisa mengentaskan kemiskinan masyarakat.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Alim

Editor   : Lukman

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!