Dicover BPJS Kesehatan, Layanan Cuci Darah Hadir di RSUD Kudungga Kutim

Bahrani: Warga Tak Perlu Lagi ke Luar Kota

0 144

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Setelah diresmikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, layanan unit Hemodialisa atau layanan cuci darah di RSUD Kudungga Sangatta Kutim sudah mulai menerima pasien untuk melakukan cuci darah.

Dengan hadirnya layanan cuci darah di RSUD Kudungga akan sangat membantu masyarakat Kutim pada umumnya, dan warga Sangatta pada khususnya. Apalagi biaya yang melakukan cuci darah akan tercover dengan BPJS.

Kepala Dinas Kesehatan Kutim Bahrani Hasanal mengatakan, mendukung semua kegiatan yang menyangkut pelayanan terutama di bidang ginjal dan hipertensi.

“Kita tahu bersama bahwa pasien dengan gagal ginjal dari tahun ke tahun semakin meningkat, seiring dengan penambahan harapan hidup dan penambahan kasus-kasus penyakit kronis seperti potensi diabetes. Olehnya itu kami sangat merespon didirikannya unit layanan cuci darah, di RSUD Kudungga,” kata Bahrani saat ditemui, Jum’at (2/9/2022).

BERITA TERKAIT :

Layanan cuci darah sangat penting, karena berkaitan dengan kualitas hidup pasien. Ketika pasien menjalani hemodialisis di tempat yang jauh dari tempatnya berdomisili, bukan hanya kualitas hidup pasien yang terganggu. Tetapi juga akan memberikan dampak kepada keluarga, dan bahkan akan mengakibatkan dampak dari sosial ekonominya.

“Jelas ini akan sangat membantu masyarakat, karena sebelum-sebelumnya masyarakat harus keluar kota ketika akan cuci darah meskipun di Sangatta juga sudah ada layanan cuci darah. Namun jelas akan berbeda biayanya karena dari RS Swasta, sementara cuci darah di RSUD Kudungga tercover dengan BPJS Kesehatan.” tutup Bahrani. (DETAKKaltim.Com).

Penulis: HB/ADV Diskominfo

Editor: Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!