Cegah Kekerasan Pada Anak, Legislator Kaltim Minta Dukungan Semua Pihak

Puji: Memerlukan Komitmen Bersama

0 159

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kasus kekerasan pada anak belakangan ini meningkat cukup pesat. Merespon hal itu, Wakil Ketua Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Puji Setyowati mendorong peran aktif keluarga dalam menjaga putra putrinya.

Selain keluarga, Puji juga mendorong seluruh pihak menjaga generasi muda, yang akan memimpin bangsa kelak untuk turut terlibat. Seperi instansi pendidikan, meliputi kepala sekolah hingga tenaga pendidik.

“Maupun juga pihak kerabat dan orang tua agar tetap intens, memberikan pesan positif terhadap anak. Jadi dorongan dari sekolahan mengenai infrastruktur juga harus diperketat, seperti penerapan anak itu tunggu dijemput baru dipanggil menggunakan pengeras suara. kalau orang tua momen makan bersama, itu disematkan kepada anak tentang pesan-pesannya,” urai Puji, Sabtu (11/2/2023).

Di beberapa daerah, belakangan ini marak terjadi kasus yang melibatkan anak. seperti kasus mutilasi anak di Makassar, yang dilakukan teman sebayanya demi menjual organ tubuh. Hingga kasus kekerasan anak di Kota Samarinda, yang dilakukan ayah tirinya sendiri.

Baca Juga:

Berdasarkan dari contoh-contoh kasus yang viral itu, Puji mendorong agar seluruh pihak, termasuk para orang tua untuk menjaga dan mendidik dengan baik buah hatinya, sembari terus meningkatkan pengawasan.

“Edukasi kepada anak sangat penting dilakukan sejak dini, hal-hal yang dilarang sudah menjadi kewajiban orang tua untuk memberitahu anaknya,” bebernya.

Besar harapan Puji agar kejadian serupa yang melibatkan anak dapat diatasi, dan tidak kembali terjadi. Pujipun  menyadari, dalam realisasinya membutuhkan komitmen bersama oleh seluruh pihak.

“Hal itu tentunya memerlukan komitmen bersama antar seluruh pihak dalam menjaga tumbuh kembang anak,” tandas politisi Partai Demokrat yang terpilih dari Daerah Pemilihan Samarinda ini. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 7 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!