Camat Sepaku Bekali Panitia Pemilihan Kepala Desa

0 40

DETAKKaltim.Com, PPU : Pemilihan Kepala Desa serentak akan digelar di tahun 2017 ini.  Menurut Camat Sepaku, Risman Abdul, kalau diamati di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) Kaltim, yang paling banyak menggelar kegiatan tersebut, yaitu ada 6 Desa.

Risman Abdul. (foto:Amran)

Untuk menghindari serta mengantisipasi sengketa seperti tahun 2016 lalu, yang sampai hari ini masih belum ada putusan dari Bupati, tanpa ada perintah Risman melakukan koordinasi dan sosialisasi Panitia Pemilihan Kepala Desa.

“Kegiatan yang dilakukanya tidak ada di dalam tahapan pemilihan Kepala Desa, ini murni insiatif saya dengan tujuan menjadikan pemilihan Kepala Desa di Kecamatan Sepaku berjalan sukses tanpa sengketa,” jelas Risman kepada Wartawan DETAKKaltim.Com di kantornya, Kamis (27/7/2017).

Dia menjelaskan, Undang-Undang pemilihan Kepala Desa sangat berbeda dengan Undang-Undang pemilihan Kepala Daerah. Pasalnya, pemilihan Kepala Desa tidak ada putaran kedua, apa lagi sampai mengulang. Selanjutnya Daftar Pemilih Tetap (DPT) harus terdata dengan jelas, beda dengan pemilihan Kepala Daerah, asal punya KTP atau indetitas, boleh memilih.

Selanjutnya dia menegaskan, kepada panitia atau peyelenggara pemilihan Kepala Desa jangan memungut satu rupiahpun dari calon peserta Kepala Desa.

“Kami akan melakukan sosialisasi ke enam Desa itu, sudah melibatkan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)nya, ditambah unsur kelembagaan yang ada di Desa, serta melibatkan perangkat Desa,” jelas Risman lebih lanjut.

Selain itu, kata Risman lagi, yang paling penting Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa harus paham dengan tugas mereka. Untuk hal tersebut pihaknya memberikan pengetahuan.

“Upaya ini kami dilakukan untuk memberikan  pengetahuan kepada warga masyarakat, agar dalam pelaksanaan Pilkades nanti berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” tandasnya. (amran).

 

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!