Bulan Bhakti RT Bersih, Irianto : Kebersihan Tolak Ukur Majunya Daerah

0 65

DETAKKaltim.Com, MALINAU : Kebersihan menjadi salah satu tolak ukur yang penting dari majunya sebuah masyarakat dan bangsa seperti halnya negara maju di dunia.  Baik di lingkungan rumah tangga, maupun lingkungan masyarakatnya selalu dalam keadaan bersih. Salah satu program Pemerintah Malinau yang menggalakkan kebersihan di tingkat RT yang menjadi penting untuk dilakukan. Hal ini diungakapkan Gubernur Kaltara saat menghadiri acara Bulan Bhakti Rukun Tetangga (RT) bersih.

“Negara yang maju yaitu merubah mind set perubahan budaya dan cara berpikir manusianya, saya kira gerakan RT bersih itu adalah instrumen penting untuk kita merubah kultural dalam rangka meningkatkan kualitas kita di segala bidang. Karena di situ sangat nyata peran masyarakat karena RT ujung tombak yang sangat jauh di jajaran pemerintahan,” papar Irianto Lambrie, Kamis (17/7/2016) di desa Tanjung Lapang, Malinau Barat.

Bahwa RT bukan aparat sipil negara, tapi adalah masyarakat suka rela yang ikut berperan serta dalam mengelola pemerintahan di tingkat pemeritahan yang paling bawah, karena itu Pemprov Kaltara bangga dan berterima kasih, menghargai peran semua Ketua RT.

“Saya tahu tidak mudah mengelolah pemerintahan di tempat-tempat yang terpencil, seperti yang ada di wilayah kita. Terhadap gerakan inovatif atas diluncurkannya beras daerah atau Rasda, ini merupakan satu program yang menghidupkan ekonomi yang paling nyata dan inovasi itu kadang-kadang tidak perlu modal,” sebutnya.

Irianto kemudian mengajak masyarakat yang ada di Kaltara untuk dapat mengelolah sesuatu yang hebat tanpa harus banyak menggelontorkan dana. Digambarkannya, banyak perubahan perubahan besar di dunia tidak dimulai dengan adanya materi  tetapi dimulai dengan niat yang lurus, niat yang tulus serta dapat menyentuh bagi masyarakat terhadap manfaat yang telah dikelolah.

Sebagaimana Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 sebutnya, telah mendorong daerah untuk berinovasi. Jika semua RT itu bisa menggerakan lingkungan yang bersih maka itu akan menjadi masyarakat yang sehat, sebuah gerakan kultural bukan hanya gerakan serimonial tetapi gerakan kultural itu berlanjut untuk diwariskan bagi generasi berikutnya.

Gubernur Kaltara ini membenarkan, kewenangan urusan pemerintah itu sudah diatur dan desa menjadi tanggung jawabnya pemerintah kabupaten, sementara pemerintah provinsi memberi dukungan dan dorongan termasuk dukungan pembiayaan maupun dukungan kebijakan.

Berita terkait : Irianto : Inti Pembangunan Adalah Meningkatkan SDM

Terhadap progrm beras daerah (Rasda) Kabupaten Malinau, menurutnya perlu untuk meningkatkan kualitasnya.

Baca juga : Malinau Selenggarakan Bulan Bhakti RT Bersih, Terima Penghargaan MURI

“Sudah bagus namun perlu untuk ditingkatkan yang mempunyai daya saing, karena banyak kualitas di daerah lain juga lebih bagus. Tapi ini adalah kualitas lokal, bisa disebut dalam ilmu pertanian itu pemuliaan atau nanti d lakukan persilangan dengan kualitas lain yang unggul,” tandasnya. (fen)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!