Budiono Suarakan Struktur Badan Otorita IKN Diisi Warga Lokal

Warga Lokal Dinilai Memahami Keadaan Daerah

0 107

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara telah ditetapkan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). Harapan agar warga lokal dilibatkan dalam pembangunan tersebut terus bermunculan, baik dari tokoh adat maupun masyarakat umum yang berada di sekitar IKN.

Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Budiono tak ketinggalan menyuarakan hal tersebut, yang menyampaikan agar Badan Otoritas IKN dapat melibatkan warga lokal dalam pembangunan IKN.

“Untuk dapat memenuhi ruang tersebut, agar masyarakat lokal dapat terlibat langsung pembangunan IKN Nusantara,” kata politisi PDI Perjuangan ini saat ditemui DETAKKaltim.Com di kantornya, Rabu (6/4/2022).

Adapun keterlibatan tersebut dapat dipahami, lanjutnya, karena warga lokallah yang memahami situasi keadaan daerahnya tersebut, seperti sumber daya alamnya.

“Warga lokal mestinya diikut sertakan, meskipun Kepala Otorita IKN ditentukan oleh Presiden. Minimal struktur otorita IKN warga lokal itu ada,” harapnya lagi.

Dengan keberadaan IKN Nusantara, masih kata Budiono yang diusulkan partainya mengisi kursi Wakil Wali Kota Balikpapan menggantikan posisi Thohari Azis yang meninggal, sangat berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi Balikpapan lebih maju.

“Ini menjadi tantangan bagi masyarakat Kalimantan Timur khususnya, untuk lebih mempersiapkan diri dalam banyak hal seperti sumber daya manusianya,” sebut Budiono yang terpilih sebagai legislator Balikpapan dari Dapil III Balikpapan Barat dengan 2.232 suara.

Baca Juga :

Dituturkannya, Balikpapan akan menjadi pintu penyangga untuk Ibu Kota Negara Nusantara, pertumbuhan penduduk akan semakin meningkat.

“Sempat bertemu langsung Kemendagri pada waktu itu menyampaikan, semua infrastruktur yang ada di Kalimantan secepatnya diselesaikan. Segala macam sarana air bersih lebih diutamakan dalam perpindahan ASN, yang akan ditugaskan nantinya,” tegasnya.

Menurutnya, peluang yang baik untuk segera dipersiapkan segala ide-ide atau pokok pikiran agar tersampaikan di pemerintah pusat melalui Badan Otorita IKN.

“Karena banyak persaingan yang akan dihadapi dengan berjalannya waktu, hingga awal pembangunan dimulai.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!