Belasan Rumah Hangus Terbakar

0 50

DETAKKaltim. Com, SAMARINDA : Musibah kebakaran kembali melanda Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (11/3/2020). Peristiwa ini terjadi sekitar Pukul 17:00 Wita.

Kali ini si jago merah menghanguskan pemukiman padat penduduk di Jalan Slamet Riyadi, RT 14, Kelurahan Karang Asam, Kecamatan Sungai Kunjang.

Konstruksi bangunan warga yang sebagian besar berbahan dasar kayu menyebabkan api cepat menjalar ke bangunan yang lain, petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan memasuki lokasi karena gang yang sempit, dan banyaknya kendaraan yang di parkir di pinggir jalan membuat akses petugas terhambat. Sementara warga berusaha sebisa mungkin untuk menyelamatkan barang-barang berharga di dalam rumah, namun ada juga yang tidak sempat menyelamatkan barang-barangnya.

“Nggak sempat tadi mas, saya lihat api sudah membesar, rumah saya di tengah-tengahnya. Habis, nggak ada yang bisa diselamatkan,” ujar Bobi, satu warga yang rumahnya terbakar.

Petugas berhasil memadamkan api setelah kurang lebih 1 jam kemudian. Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, musibah ini menyebabkan 14 bangunan yang terdiri dari 12 rumah tunggal dan dua bangsal 9 pintu hangus terbakar. Akibatnya 25 kepala keluarga dan kurang lebih 100 jiwa tidak memiliki tempat tinggal.

“Data sementara kurang lebih sepuluh bangunan rumah tunggal, dan ada dua bangsalan. Kesulitan akses masuk karena gang sempit dan banyaknya warga yang memarkirkan kendaraan di bahu jalan,” ujar Makmur Santoso, Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Samarinda.

Hingga kini petugas Kepolisian masih melakukan penyelidikan terkait penyebab awal peristiwa ini, dugaan sementara api berasal dari hubungan arus pendek. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini, namun kerugian di taksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Untuk penyebab kebakaran ini masih kami selidiki, api berasal dari rumah siapa, dan penyebabnya apa masih kita selidiki dengan memintai keterangan saksi-saksi,” ujar Kapolsek Sungai Kunjang Kompol I Ketut Gede Suardana di lokasi kejadian. (DK. Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!