Akomodasi dan Konsumsi Ditanggung, Kukar Siap Laksanakan MTQ Kaltim Ke-38

0 86

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur siap melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) tingkat Provinsi Kaltim ke-38, mulai 22 sampai 27 Mei 2016 yang kegiatannya dipusatkan di Tenggarong.

“Kami sebagai tuan rumah telah berkoordinasi dengan pihak panitia Provinsi agar MTQ ke-38 Kaltim ini berlangsung lancar dan sukses,” ujar Ketua Harian Panitia MTQ ke-38 Kaltim, Edi Damsnyah saat memaparkan persiapan Kukar sebagai tuan rumah, pada rapat koordinasi MTQ-38, Rabu (27/4/2016) di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda.

Adapun persiapan yang sudah dirancang Panitia di Kukar, dikatakan Edi yaitu, untuk akomodasi pihaknya telah menyediakan 11 hotel dan 332 kamar untuk kafilah, serta 1 hotel 14 kamar untuk tamu VIP. Hotel maupun penginapan tersebut berada di sekitar Tenggarong.

“Akomodasi tiap kafilah yang kami tanggung yaitu untuk 64 orang,” ujarnya.

Sedangkan mengenai konsumsi, Edi mengatakan selama kegiatan, ditanggung makan 3 kali sehari untuk 64 orang tiap kafilah, termasuk dewan hakim.

Dalam hal pelayanan transportasi dikatakan Edi, panitia menyediakan 2 mini bus untuk tiap kafilah, sedangkan untuk dewan hakim disiapkan 5 mobil.

“Untuk kafilah, bahan bakar mobil tersebut ditanggung tiap kafilah sendiri, sedangkan untuk dewan hakim dan panitera ditanggung panitia,” ujarnya.

Selanjutnya, panitia juga telah menyusun jadwal kegiatan MTQ Kaltim ke-38, di antaranya yaitu mulai penerimaan kafilah atau check in di hotel pada 20 Mei 2016, yang langsung dirangkai dengan verifikasi calon peserta MTQ di Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Kemudian di hari yang sama, Pukul  20:00 WITA diadakan Dzikir dan Tabligh Akbar bersama Syech Ali Jaber dari Jakarta, di Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong.

Sabtu (21/5/2016) Pukul 20:00 WITA, acara malam Ta’aruf dan Pelantikan Dewan Hakim di Pendopo Bupati (Odah Etam). Minggu (22/5/2016) Pukul 09:00 WITA diadakan Pawai Ta’aruf yang diikuti kafilah dari Kabupaten/Kota se Kaltim dengan menampilkan adat budaya masing-masing, star dan finish di depan Kantor Bupati Kukar. Kemudian Minggu (22/5/2016) Pukul 20:00 WITA diadakan acara pembukaan MTQ di arena utama di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman yang diawali dengan Defile semua kafilah

Sedangkan pelaksanaan lomba dilakukan pada 23 sampai 27 Mei 2016. Adapun venue berbagai cabang lomba MTQ dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Sulaiman, Masjid KH Muhammad Sajid Kelurahan Baru, Pondok Pesantren Ribatul Khail Timbau, Masjid Al-Muqorrobin Timbau, Aula SMA Negeri 2 Tenggarong, Gedung Serba Guna Dinas Pendidikan Kukar, dan Pendopo Wakil Bupati Kukar.

Selain itu untuk memeriahkan MTQ, juga ada pasar UKM di sekitar Masjid Agung Sultan Sulaiman yang diadakan mulai tanggal 22 sampai 28 Mei 2016. Edi mengataan, setiap kafilah kabupaten/kota disediakan sarana tenda untuk memamerkan atau menjual ke khasan daerah masing-masing.

Selanjutnya Edi mengharapkan dukungan pihak Provinsi Kaltim dan Kabupaten/Kota peserta, agar pelaksanaan MTQ berjalan lancar.

“Kesuksesan MTQ nanti bukan hanya kerja Kukar, namun atas kerja sama dengan pihak Provinsi maupun Kabupaten/Kota,” ujar Edi yang juga Wakil Bupati Kukar itu.

Sementara Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim Bere Ali yang memimpin rapat tersebut mengatakan, ke depan jika ada sesuatu hal yang menjadi masalah agar segera dikoordinasikan, agar dapat segera diselasaikan.

“Mari bersama-sama kita sukseskan MTQ ke-38 di Kukar, untuk melahirkan putra-putri daerah yang siap mewakili Kukar pada MTQ tingkat Nasional, dan tentunya MTQ sebagai syiar Islam juga kita ke depankan,”  demikian ujarnya. (HA)

 

(Visited 16 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!