Abdul Rahman dan Jesica Dinobatkan Jadi Duta Wisata Benuo Taka 2017

0 41

 DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Tohar, Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, hadiri Grand Final pemilihan putra-putri Duta Wisata Benuo Taka Kabupaten PPU 2017 yang dipusatkan di halaman Pasar Penajam, Kelurahan Nenang, Jum’at (27/10/2017).

Dalam puncak pemilihan ini pasangan Abdul Rahman dengan nomor punggung 09, asal Kecamatan Penajam dan Jesica Wulandari Puteri dengan nomor punggung 02, asal Kecamatan Waru,  berhasil terpilih sebagai Duta Wisata Benuo Taka 2017 Kabupaten PPU mengalahkan 24 finalis lainnya.

Dalam sambutannya di sela-sela kegiatan ini Tohar mengatakan, pemilihan sampai dengan penetapan duta wisata sesungguhnya adalah bagian dari strategi dalam rangkaian program pengembangan wisata Kabupaten PPU. Terpilihnya putra-putri duta wisata kata dia, bukan merupakan tujuan utama, tetapi masih ada tugas penting yang harus diemban demi kemajuan kepariwisataan di kabupaten PPU.

“Ini yang menjadi catatan kita. Karena setelah pemilihan ini, kami berharap kepada anak-anak kita yang terpilih sebagai duta wisata mampu menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah daerah. Dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk terus mengembangkan dengan berbagai cara dan strategi sehingga wisata-wisata yang ada di Kabupaten PPU, baik objek wisata alam, wisata yang terbentuk karena rekayasa maupun wisata lainnya, bisa menjadi bagian yang dipahami dan diketahui, sehingga menimbulkan daya tarik bagi para wisatawan baik domestik, nasional maupun luar negeri bisa hadir di PPU, itu intinya”, kata Tohar.

Dalam kesempatan ini Tohar juga meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, ke depan agar dibentuknya gerakan-gerakan yang simultan antara promosi dan strategi di hulu dan apa yang sesungguhnya menjadi objek, apakan itu destinasi wisata ataukah objek budayanya harus menjadi perhatian besar sebelum menginjak ke strategis di pemasaran atau promosi.

Menurutnya, seiring dengan perkembangan zaman saat ini, sektor pariwisata tidak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, lanjutnya, ia minta agar Dinas Kebudayaan dan Pariwisa mampu mengidentifikasi dengan benar objek apa yang memang dikembangkan di Kabupaten PPU, kemudian stakaholder mana yang dapat diajak bersinergi untuk itu.

“Ini menjadi catatan penting bagi kita dalam mengembangkan kepariwisataan di Kabupaten PPU. Kami juga minta kepada jajaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, mari bekali lebih lanjut adik-adik yang terpilih sebagai duta wisata untuk bisa memainkan peranannya baik sebagai corong promosi maupun tugas lainnya,“ sebut Tohar.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata PPU, Tita Deritayati, mengatakan pemilihan duta wisata ini merupakan bagian yang dilaksanakan dalam rangka sadar wisata Buen yang nantinya akan mempromosikan berbagai produk pariwisata yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten PPU.

“Rangkaian pemilihan putra-putri Benuo Taka ini dilaksanakan sejak 18 September lalu yang diawali dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah, serta penyebaran informasi melalui berbagai media masa maupun media sosial yang ada,“ ujar Tita.

Berita terkait : Duta Wisata Benuo Taka 2017, Finalis Terima Pembekalan

Selanjutnya melalui tahapan yang dilalui akhirnya panitia menetapkan sebanyak 24 finalis putra-putri terbaik dari seluruh PPU. Para finalis tersebut selanjutnya menerima karantina atau pembekalan materi tentang kepariwisataan dan materi lainnya mulai 23-26 oktober 2017, sebagai bekal awal duta wisata dalam mempromosikan produk pariwisata Kabupaten PPU.

“Melalui pembekalan ini, kita harapkan peserta yang terpilih menjadi duta wisata Benuo Taka Kabupaten PPU 2017 nantinya akan lebih mengenali kepariwisataan PPU sesungguhnya,” tandasnya. (Humas6/LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!