4 Pendaftar, PDIP Patok Rp25 Juta Biaya Pendaftaran Balon Wali Kota

0 82

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sejak pendaftaran dibuka 2 September lalu hingga hari ini, sudah 4 orang yang datang mengambil formulir pendaftaran bakal calon (Balon) Wali Kota Samarinda melalui PDI Perjuangan (PDIP).

Edi Kurniawan menjadi kader PDIP pertama yang mengambil formulir di internal partai. Sedangkan 3 lainnya Apri Gunawan, Meiliana dan Ridwan Tassa pendaftar non kader partai bermoncong putih tersebut.

Ketua panitia penjaringan Ahmad Sofyan membeberkan masa pengambilan formulir adalah 2 hingga 10 September. 11 hingga 17 September adalah pengembalian berkas. Pada 18 hingga 20 September berkas akan diserahkan ke DPD PDIP Kaltim untuk diverifikasi.

“Setelah itu diteruskan ke DPP untuk ditindaklanjuti. Nanti akan turun rekomendasi siapa yang direstui sebagai calon Wali Kota dan Wawali dari PDIP,” ujar Sofyan kepada awak media, Kamis (5/8/2019).

Lanjut Sofyan, 28 September nama-nama yang lolos verifikasi berkas mengikuti sekolah calon kepala daerah yang diadakan oleh DPP.

Namun politik tidak gratis. Panitia mematok biaya pendaftaran Rp25 Juta. Acuannya peraturan partai 24/2017 tentang penjaringan Balon kepala daerah. Disebutkan setiap DPC berhak menentukan sendiri nominalnya.

“Namanya dana gotong royong, itu sudah ditetapkan sama DPC,” jelasnya.

Tapi nominalnyapun dibedakan. Angka tersebut hanya berlaku bagi non kader. Sedangkan kader hanya setengahnya atau sekitar Rp12,5 Juta. Total terkumpul hingga kini adalah Rp 87,5 Juta. Nama-nama kandidat yang sudah mendaftar akan ditampilkan. Polling juga menjadi bahan untuk mengetahui elektabilitas calon.

“Sudah saatnya hal yang  berkaitan dengan gerak politik partai diinformasikan ke publik. Makanya kami adakan polling,” terang  Sofyan.

Sementara itu Edi Kurniawan yang ditemui usai mengambil formulir mengaku ikut membayar sesuai ketentuan.

“Biaya ini tanda keseriusan. Ya, hitung-hitung sumbangan untuk partai,” ujarnya.

Edi mengaku ingin terus berbuat untuk yang terbaik bagi Samarinda ke depannya.

“Kita ingin lebih baik lagi. Dan niat saya maju untuk perbaiki Samarinda,” pungkasnya. (Rahman)

(Visited 14 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!