20,8 Persen Pemilih Kukar Ikuti Pilihan Rita, Popularistas Edi Cukup Tinggi

0 60

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Mantan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari masih berpengaruh di Kutai Kartanegara, hal tersebut terungkap pada temuan hasil survei yang dikemukakan oleh Eskom Kreatif yang melakukan survei mengenai persepsi publik setahun jelang Pilkada Kabupaten Kutai Kartanegara.

Lebih dari 60 persen responden mengakui jika mantan Bupati yang kini tersandung kasus hukum itu masih berpengaruh di Kutai Kartanegara. Bahkan sebesar 20,8 persen hasil survei mengatakan akan mengikuti pilihan yang akan didukung Rita, dan 50,6 persen akan memberikan pertimbangan terlebih dahulu.

“Meski Rita Widyasari tersandung kasus hukum, namun dia masih memiliki pendukung yang militan. Jadi siapapun yang mendapat restu Rita akan memiliki kekuatan yang cukup untuk bersaing,” ujar Direktur Eskom Kreatif Eko Satiya Hushada, Jum’at (18/10/2019).

Sementara itu Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah memiliki popularitas yang cukup tinggi, yakni 91,6 persen, dan jika Pilgub Kukar dilakukan sekarang 56 persen responden akan memilih Edi.

Sedangkan untuk kepuasan masyarakat, dari 500 responden, sebanyak 69,6 persen mengaku puas dengan kinerja Edi Damansyah, sementara 30,4 persen mengaku tidak puas.

“Pemilihan masih lama, dan hasi masih bisa berubah. Namun elektabilitas dan popularitas Edi Damansyah sudah cukup untuk maju kembali pada pemilihan Bupati Kutai Kartanegara” jelas Eko.

Temuan menarik lainnya, yakni muncul nama Novita Ikasari, perempuan yang pernah menjadi Caleg DPR RI dari partai Demokrat tersebut mendapatkan suara 18,8 persen.

“Ini sangat menarik, Novita Ikasari yang pernah menjadi Caleg tapi memiliki elektabilitas yang tinggi, dan didukung oleh finansial yang kuat dan tampilan yang cukup menjual,” tambahnya.

Survei tersebut dilakukan pada 29 September hingga 4 Oktober 2019, dengan 500 responden dari 18 kecamatan di Kukar dan metode yang digunakan yakni multistage random sampling. (Gladis)

(Visited 13 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!