Anggota DPRD Kutim Kritik Pemkab Soal Sumber Daya Laut

Novel:  Kita Belum Bergerak Sama Sekali

0 34

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) dr Novel Tyty Paembonan menilai, Kutim adalah Kabupaten yang memiliki potensi yang luar biasa. Pasalnya, Kutim memiliki kekayaan mulai dari pantai, Hutan Mangrove, hingga hasil tangkapan laut yang melimpah.

Namun, menurut politisi Gerindra itu potensi yang dimiliki Kutim ini belum maksimal dikelola oleh daerah di tengah tuntutan kebutuhan lokal dan sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Bahkan Pemerintah Daerahpun dinilainya belum bergerak dalam membudidayakan jenis-jenis hewan laut, dalam menunjang IKN yang tak lama lagi dipindahkan ke Kaltim.

“Kira-kira apa penunjang kita untuk IKN. Di Bontang tetangga kita sudah mulai membudidaya Ikan Kerapu dan berbagai jenis ikan, kita belum bergerak sama sekali,” sebut Novel.

Baca Juga:

Ia berharap, Pemerintah Daerah mempersiapkan diri dalam menyambut IKN. Mulai dari daerah menyediakan sumber pangan yang didorong lewat Sektor Pertanian, namun juga perlu mendukung Sektor Laut untuk pemenuhan kebutuhan protein ikan, serta pengembangan Sektor Pariwisata pesisir.

Untuk menyukseskan hal-hal tersebut, lanjutnya, dibutuhkan kerja sama semua pihak. Baik Pemerintah maupun DPRD Kutim dalam merancang program kerja, yang menyentuh masyarakat dan kelangsungan Kutim ke depannya.

Sebagai daerah sedaratan dengan Ibu Kota Indonesia masa depan, Kabupaten Kutim harus mempersiapkan diri sedari saat ini agar tidak tertinggal oleh daerah-daerah lain.

“Intinya kerja sama semua pihak, wacanakan program yang menyentuh langsung ke masyarakat, sebab masih banyak daerah-daerah kita yang tertinggal kemajuannya.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV DPRD Kutim

Editor: Lukman

(Visited 29 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!