HKN Ke-53 Digelar di Kaltim, Peserta Membeludak

Ivan: Tamu Yang Akan Datang Berjumlah 1.300 Orang

0 498

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Syafranuddin ungkapkan, tamu yang akan datang dalam pelaksanaan Rangkaian Hari Kearsipan Nasional (HKN) Ke-53 tahun 2024, mencapai sekitar 1.300 peserta.

Kegiatan yang mengusung tema “Sustainable Archiving for the Best Future” atau Kearsipan yang Berkelanjutan untuk Masa Depan Terbaik tersebut diselenggarakan mulai dari 27 Mei hingga 30 Mei 2024.

Integrasi konsep kearsipan berkelanjutan dalam praktik kearsipan memperkuat kontribusi Kearsipan, dalam digitalisasi pemerintahan dan pelestarian warisan budaya serta memori kolektif.

Pendekatan ini memastikan dokumen penting terlindungi dan mudah diakses, mendukung pemerintahan yang lebih efisien dan ramah lingkungan, serta melestarikan nilai-nilai budaya dan sejarah untuk masa depan.

“Tamu yang akan datang berjumlah 1.300 orang, jadi sekarang ini hotel-hotel di Samarinda penuh, alhamdulillah,” beber Ivan kepada DETAKKaltim.Com bersama sejumlah awak media lainnya dalam Konferensi Pers di Ruang Aula Balai Pustaka, Lantai 2 DPK Kaltim, Jalan Ir Juanda Nomor 4, Senin (27/5/2024) siang.

Baca Juga:

Secara rinci, peserta teregistrasi perwakilan K/L/D/PTN se-Indonesia berjumlah 850 dan peserta tambahan sebanyak 400, yang merupakan perwakilan OPD dan Camat, Lurah Samarinda-Tenggarong, Kutai Kartanegara. Jumlah ini diprediksi masih akan meningkat, mengingat peserta yang akan datang nantinya juga akan bersama pendamping.

“Untuk ini kami juga sudah menyiapkan sejumlah cinderamata. Sampai mencari Anjat di Kalimantan Tengah. Sekarang semuanya terpenuhi,” ungap Ivan, sapaan akrab Syafranuddin.

Khusus terkait baju adat, pihaknya telah menyiapkan kunjungan ke Desa Budaya Pampang Adat Kenyah, dengan mempersiapkan 7 Bis untuk mengantar peserta. Selanjutnya akan ke Depot Arsip Statis Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kaltim, dan menikmati senja di rest area IKN.

“Setiap acara nanti ada tari-tariaan. khas Kaltim. Event organizernya dikelola oleh ADW. Kalau EO dari ANRI, ada bintang nusantara di Bali. Ini EO ternama dan cukup berpengalaman.” tutup Ivan. (DETAKKaltim.Com/ADV.Diskominfo)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 492 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!