Arena Paralimpik IV Kaltim, Atlet Cabor Catur Balikpapan Bayangi Samarinda

Pertandingkan 8 Kategori

0 448

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Hari Kedua pekan Paralimpik IV Provinsi Kalimantan Timur 2023 digelar di Hotel Benakutai berjalan dengan lancar. Kontigen Balikpapan Cabang Olahraga (Cabor) Catur terus membayangi kontingen Samarinda, yang saat ini masih berada di puncak teratas, Jum’at (17/11/2023)

Pelaksanaan Kejuaraan Catur ini dipertandingkan sebanyak 8 kategori, masing-masing Catur Cepat Perorangan Tuna Dasa Putra, Catur Cepat Perorangan Tuna Rungu Wicara, Catur Cepat Perorangan Tuna Netra B1 Putra, Catur Cepat Perorangan Tuna Netra B1 Puteri, Catur Cepat Perorangan Tuna Netra B2 Putra, Catur Cepat Perorangan Tuna Netra B2 Puteri, Catur Cepat Beregu Tuna Daksa dan Catur Cepat Beregu Tuna Netra B1 Putra.

Hasil perolehan sementara dari Cabang Olahraga (Cabor) Catur kontigen;

  1. Samarinda mendapatkan 5 Emas, 2 Perak, 2 Perunggu
  2. Balikpapan mendapatkan 2 Emas, 3 Perak, 2 Perunggu.
  3. .Bontang mendapatkan 1 Emas, dan 2 Perak
  4. Kukar 1 Perak 1 Perunggu
  5. Berau 1 Perunggu

Kepala Bidang Olahraga Disporapar Kota Balikpapan M Norhan hadir memberikan medali kepada para juara Cabang Olahraga Catur. Cabor ini akan berlanjut di kategori Catur klasik.

Sementara itu, Panitia Tuna Daksa Kejuraan Cabor Catur Perparprov IV Kaltim Nurdin Askali mengatakan, Kejuaraan Catur untuk para disabilitas ini memiliki aturan yang berbeda dengan kejuaran catur normal. Papan Catur yang digunakan menggunakan lobang untuk menancapkan Caturnya.

“Dimana diperbolehkan meraba Catur, namun setelah Catur dicabut maka wajib untuk melangkah, nah ini untuk Catur Tuna Netra kategori B1 dan B2,” jelasnya.

Baca Juga:

Sedangkan untuk Tuna Rungu Wicara, jelasnya, aturan yang digunakan sama dengan disablitas Tuna Daksa. Khusus untuk B1 penyandang disabilitas buta total beda dengan B2 dan B2 yang memiliki jarak pandang 2 meter.

Ia mengungkapkan semoga para atlet Balikpapan dapat meraih Medali Emas, dan bisa menggungguli Samarinda yang sementara sudah mengantongi 5 Emas. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Roni S

Editor: Lukman

(Visited 439 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!