Camat Loa Janan Dorong Desa Danai Tenaga Kesehatan

Hery: Bisa Langsung Didanai oleh Desa

0 113

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Camat Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Hery Rusnadi ungkapkan persoalan tenaga kerja di tiga puskesmas wilayahnya, yakni Puskesmas Batuah, Puskesmas Loa Duri, dan Puskesmas Loa Janan.

Dalam persoalan kesehatan, Hery merincikan kebijakan yang memberikan peluang langsung kepada Desa untuk mendanai aspek terkait tenaga kesehatan.

Pentingnya keterlibatan Desa dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) Kesehatan, terletak pada potensi yang ada di masing-masing Desa.

“Kalau tenaga kerja di Puskesmas, terkait dengan tenaga kesehatan itukan sebenarnya ada kebijakan yang bisa langsung didanai oleh Desa. Ada potensi di masing-masing Desa, ada peluang penyediaan tenaga lewat masing-masing Desa,” bebernya kepada pewarta media DETAKKaltim.Com usai pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi GCIO di Hotel Mercure, Rabu (8/11/2023).

Melalui kebijakan ini, Desa memiliki peluang untuk mengembangkan dan mengelola tenaga kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lokal.

Baca Juga:

Hery berpendapat bahwa pendekatan ini dapat memberikan solusi untuk mengatasi kekurangan tenaga kesehatan, terutama di Puskesmas Pembantu (Pusban) yang berperan penting dalam upaya pelayanan kesehatan di tingkat Desa.

Seiring dengan itu, inisiatif ini bukan hanya sekadar langkah praktis untuk mengatasi kekurangan tenaga kesehatan, tetapi juga mencerminkan komitmen untuk memperkuat infrastruktur kesehatan di tingkat Desa.

Dengan memberdayakan Desa untuk berperan aktif dalam pengelolaan tenaga kesehatan, diharapkan dapat menciptakan sistem yang lebih efisien dan berkelanjutan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat setempat.

“Hal ini dapat sedikit mengurangi kendala, pada saat kekurangan tenaga kesehatan yang ada di Desa khususnya di Pusban.” tandas Hery. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 104 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!