Diskominfo Kukar Perdalam Peta Rencana SPBE

Maksimalkan Penerapan SPBE

0 147

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Dafip Haryanto bersama Kabid e-Goverment Upa Permana, Kabid PLIP Surya Admaja dan fungsional serta Unsur Pelaksana yang mewakili masing-masing bidang di Kominfo Kukar, mengikuti Pelatihan Penyusunan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 23 hingga 24 Oktober 2023 di Hotel Grand Rohan, Ruang Meeting Room Jasmin 8, Yogyakarta, Senin 23 Oktober 2023 dengan narasumber dari Inixindo Yogyakarta.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam manajemen informasi dan komunikasi di tingkat daerah, dengan fokus pada pengembangan strategi dan rencana terkait SPBE.

Dafip Haryanto memanfaatkan kesempatan ini untuk mempresentasikan implementasi SPBE, yang telah diterapkan di Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan efisiensi, dan efektivitas pengelolaan data elektronik di daerah tersebut.

Pelatihan ini dilakukan sebagai langkah strategis dalam meningkatkan kapasitas Dinas Komunikasi dan Informatika, dalam mengelola informasi yang mendukung pembangunan daerah.

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting dalam menjaga kualitas layanan administrasi pemerintahan, dan layanan publik di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“SPBE merupakan alat krusial dalam mengelola data pemerintah, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan transparansi dan aksesibilitas informasi bagi masyarakat,” kata Dafip.

Baca Juga:

Dafip berharap bahwa hasil pelatihan ini akan memberikan masukan berharga, untuk kesempurnaan penerapan SPBE di Kutai Kartanegara.

Selama pelatihan, peserta mendiskusikan berbagai aspek. Termasuk peta rencana SPBE, arsitektur SPBE, infrastruktur SPBE, keamanan SPBE, tata kelola SPBE, manajemen SPBE, dan audit TIK.

Materi Mindset SPBE membahas mengenai pemanfaatan data untuk perencanaan pembangunan, pengambilan kebijakan, dan pengambilan tindakan.

Selain itu, ada materi sistematika SPBE yang meliputi pemanfaatan data untuk perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan, serta strategi dalam penyusunan peta rencana SPBE berdasarkan arsitektur SPBE nasional.

“Ini adalah langkah penting dalam memajukan pengelolaan data dan informasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, untuk mendukung perkembangan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.” jelas Dafip Haryanto. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 141 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!